Alien Diduga Tinggal di Bulan Jupiter yang bak Neraka, kok Bisa?

Alien Diduga Tinggal di Bulan Jupiter yang bak Neraka, kok Bisa?
Foto salah satu satelit Jupiter, Io, yang merah bak neraka karena lingkungannya yang dipenuhi lava. (NASA/JPL-Caltech/SwRI/ASI/INAF/JIRAM)

arsipsumut.com

Para pakar memprediksi alien mungkin tinggal di bulan atau satelitnya Jupiter, Io, yang memiliki kondisi ekstrem. Mengapa demikian?

Mereka memperkirakan hal itu usai mendapat data terbaru dari dari pesawat milik NASA, Juno. Pesawat tersebut sudah mempelajari Jupiter beserta satelit-satelitnya selama 6,5 tahun.

Juno baru-baru ini melintasi Io dengan jarak 80 ribu kilometer. Setelahnya, Juno dijadwalkan akan semakin dekat Io dalam jarak 1.500 km sepanjang tahun yang akan datang.

Di tengah ekspedisinya itu, Juno mengirim data soal satelit-satelit Jupiter termasuk Io. Bulan lalu misalnya, Juno mengirim foto Io yang berwarna merah membara bak planet penuh lava.

Dikutip dari BGR, para pakar pun berpikir alien mungkin tinggal di Io yang memiliki temperatur ekstrem dan dipenuhi danau lava, aliran lava, dan pegunungan tersebut.

Para alien tinggal di selubung-selubung lava yang membuat magma di Io merembes ke permukaannya. Para pakar memperkirakan demikian lantaran di Bumi ada mikroba-mikroba yang juga tinggal di selubung larva.

Laporan Big Think menyebut simulasi baru-baru ini soal kondisi Io menunjukkan pasang surut panas di sana menjaga magma cair berada di permukaan.

Namun erupsi dari pegunungan di Io tergolong ekstrem sehingga melontarkan magma itu ratusan kilometer ke angkasa. Saluran yang jadi tempat erupsi melontarkan magma itulah yang mungkin menjadi tempat tinggal alien.

Akan tetapi, alien yang diperkirakan hidup di Io tidaklah berbentuk seperti yang sudah dipikirkan sebelumnya.

Alien yang dimaksud adalah ekosistem mikrobial yang mungkin hidup di tengah kelangkaan air dan kondisi penuh sulfur di sana. Namun demikian, perkiraan ini tetap dipandang menarik dalam perjalanan mencari alien di Semesta.

Selain Io, Jupiter memiliki dua satelit lainnya yakni Europa dan Ganymede (satelit terbesar di Tata Surya). Tak seperti dua satelit itu, Io sebetulnya sempat diragukan menjadi rumah para alien karena lingkungan ekstremnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال