Menteri Luar Negeri Belarus Meninggal Mendadak, Penyebab Belum Jelas

Menteri Luar Negeri (Menlu) Belarus Vladimir Makei.

ARSIPSUMUT - Menteri Luar Negeri (Menlu) Belarus Vladimir Makei meninggal mendadak pada Sabtu (26/11/2022), dua hari sebelum di dijadwalkan bertemu Menlu Rusia Sergei Lavrov.

Dilansir Reuters, Makei adalah Menlu Belarus dengan jabatan cukup lama sejak 2021. Masih belum jelas apa penyebab kematiannya.

Menteri Luar negri Vladimir makei telah meninggal dunia secara mendadak," lapor media Belarus Belta tanpa memberikan perincian lebih lanjut.

Awal pekan ini, Makei menghadiri KTT Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), sebuah aliansi militer dari beberapa bekas pecahan Uni Soviet, di Yerevan, Armenia.

Dia dijadwalkan bertemu dengan Lavrov pada Senin (28/11/2022).

Sebelum pemilihan presiden (pilpres) dan demonstrasi massal anti-pemerintah di Belarus pada 2020, Makei menjadi salah satu penggagas upaya untuk meningkatkan hubungan Belarus dengan barat dan mengkritik Rusia.

Akan tetapi, ketika Rusia menginvasi Ukraina pada Februari, Makei balik mengkritik Barat.

Kala itu, Makei mengatakan bahwa Barat-lah yang memprovokasi perang. Dia juga mendesak otoritas Ukraina harus menyetujui persyaratan perdamaian Rusia.

Beberapa hari sebelum dimulainya perang, Makei berjanji tidak akan ada serangan ke Ukraina dari wilayah Belarus. Akan tetapi, pasukan Rusia memulai invasinya dengan menyerang Ukraina melalui wilayah Belarus.

“Kami terkejut dengan laporan kematian Pemimpin Kementerian Luar Negeri Republik Belarus Vladimir Makei,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova di saluran Telegramnya.

Presiden Belarus Alexander Lukashenko menyampaikan belasungkawa atas berpulangnya Makei.

Pemimpin oposisi yang diasingkan, Sviatlana Tsikhanouskaya, mengomentari kematian Makei. Dia menyebut Makei sebagai pengkhianat rakyat Belarus.

“Pada 2020, Makei mengkhianati rakyat Belarus dan mendukung tirani. Beginilah cara orang Belarus mengingatnya,” kata Tsikhanouskaya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال