Harga Emas Dunia Cetak Penurunan Mingguan Terbesar Sejak November 2022

Ilustrasi harga emas. Harga emas di pasar spot naik 0,9 persen menjadi USD 1.792,91 per ons. Sementara harga emas berjangka AS menguat 0,8 persen menjadi USD 1.802,6. (iStockphoto)


ARSIPSUMUT - Harga emas naik pada perdagangan Jumat tetapi tetap berada di jalur penurunan mingguan terbesar sejak pertengahan November 2022.

Hal ini setelah bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) mengindikasikan lebih banyak kenaikan suku bunga diperlukan untuk mengekang inflasi.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (17/12/2022), harga emas dunia di pasar spot naik 0,9 persen menjadi USD 1.792,91 per ons. Sementara harga emas berjangka AS menguat 0,8 persen menjadi USD 1.802,6.

“Banyak pedagang berfokus pada Fed dan ECB, yang menandakan bahwa pengetatan lebih lanjut akan terjadi dan kami telah melihat imbal hasil obligasi global naik secara signifikan, dan itulah mengapa harga emas mengalami penurunan minggu,” ungkap Analis Senior OANDA, Edward Moya.

The Fed pada hari Rabu menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin seperti yang diharapkan, tetapi Ketua Jerome Powell mengatakan bank sentral AS akan lebih banyak kenaikan suku bunga tahun depan, meskipun kekhawatiran resesi meningkat. Bank Sentral Eropa dan Bank Inggris mengisyaratkan strategi kenaikan suku bunga yang serupa.

Emas dianggap instrumen investasi yang tahan terhadap gejolak inflasi. Namun kenaikan suku bunga menahan lanju harga emas.

Commerzbank memperkirakan harga emas bisa jatuh kembali ke USD 1.750 per ons hingga ada kejelasan soal siklus kenaikan suku bunga The Fed. Namun dia memprediksi harga naik emas bisa menembus level USD 1.850 pada akhir tahun 2023.

Di tempat lain, harga perak naik 0,7 persen ke level USD 23,21 per ons, tetapi turun lebih dari 1 persen sepenjang minggu ini.

Untuk harga platinum turun 1,4 persen menjadi USD 991,91. Sedangkan harga palladium turun 3,7 persen menjadi USD 1.724,24, setelah turun lebih dari 8 persen di sesi perdagangan sebelumnya, dan menuju penurunan mingguan terbesar dalam lima bulan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال