Xi Jinping Temu Presiden Abbas di Saudi: China Selalu Bela Palestina

Xi Jinping Temu Presiden Abbas di Saudi: China Selalu Bela Palestina
Xi Jinping menegaskan komunitas internasional harus memprioritaskan masalah Palestina dan tetap mendorong solusi dua negara dan prinsip "tanah untuk perdamaian" 
(Foto: Adam Scotti/Prime Minister's Office/Handout via REUTERS.)

arsipsumut.com

Presiden Xi Jinping menegaskan China selalu mendukung Palestina "bagaimana pun situasi internasional" yang kerap berubah.

Hal itu diutarakan Xi saat bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Riyadh, Arab Saudi, pada Kamis (8/12). Dalam pertemuannya, Xi menuturkan persahabatan China-Palestina sangat dihargai oleh rakyat Tiongkok.

Xi menuturkan selama lima dekade terakhir, China dan Palestina selalu saling percaya dan mendukung satu sama lain.

"Tidak peduli bagaimana situasi internasional dan regional berubah, China selalu dengan tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk memulihkan hak dan kepentingan sah bangsa mereka, dan selalu berdiri bersama rakyat Palestina," kata Xi dalam pernyataan pemerintah China melalui kantor berita Xinhua.

Dalam kesempatan itu, Xi menegaskan komunitas internasional harus memprioritaskan masalah Palestina dalam agenda internasional dan tetap mendorong solusi dua negara dan prinsip "tanah untuk perdamaian".

Dunia, kata Xi, juga harus segera memfasilitasi pembicaraan damai yang selama ini mandek berdasarkan resolusi PBB yang relevan.

Xi menuturkan tahun depan menandai 35 tahun hubungan bilateral China-Palestina. Ia menekankan perlunya kedua negara membuat rencana yang baik untuk merayakan hari jadi tersebut.

Dalam pertemuan itu, Xi dan Abbas juga meneken sejumlah kerja sama mulai dari pariwisata, akselerasi perdagangan bebas China-Palestina, hingga perdagangan.

Xi juga menuturkan China telah menyediakan sejumlah besar vaksin Covid-19 untuk pengungsi Palestina.

China memuji partisipasi aktif Palestina dan upaya untuk mempromosikan kerja sama kolektif antara China dan negara-negara Arab, dan akan meningkatkan komunikasi dan kerja sama dengan Palestina dalam memajukan hubungan China-Arab dan menyampaikan Inisiatif Pembangunan Global dan Inisiatif Keamanan Global, kata Xi.

Sementara itu, Abbas mengatakan bahwa rakyat Palestina sangat bangga dengan hubungan persahabatan mereka dengan China,.

Abbas menuturkan China adalah teman Palestina yang tulus dan dapat dipercaya dan selalu dengan tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina dengan menawarkan Palestina secara menyeluruh seperti dukungan tanpa syarat di bidang politik, ekonomi, moral dan lainnya.

Abbas juga menekankan komitmen teguh Palestina terhadap prinsip Satu China dan dukungan kuat bagi Beijing dalam isu berkaitan dengan Taiwan, Hing Kong, dan Xinjiang.

Ini merupakan kunjungan perdana Xi Jinping ke Arab Saudi sejak enam tahun terakhir. Xi disebut akan menghabiskan waktu selama tiga hari di Saudi.

Selain bertemu Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS), Xi memang menggelar pertemuan tingkat tinggi dengan Dewan Kerja Sama Negara Teluk Arab (GCC) dan bertemu dengan sejumlah pemimpin negara Arab lainnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال