Gempa M 5,8 Guncang Sukabumi, Warganet Heboh

Gempa M 5,8 Guncang Sukabumi, Warganet Heboh
Gempa terjadi di Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (8/12) pagi WIB. Foto: Istockphoto/ Allanswart

arsipsumut.com

Warganet bereaksi terhadap gempa yang terjadi di tenggara Sukabumi, Jawa Barat berkekuatan magnitudo 5,8. Reaksi warganet membuat tagar 'gempa' menjadi trending topic.

Hingga berita ini diturunkan, ada total 43 ribu cuitan yang memuat kata gempa. Mayoritas warganet mengaku tidak merasakan gempa yang terjadi.

"Gempa di mana? aku gak kerasa," tulis akun @jyoenbeyeul

Selain itu ada pula yang panik ketika sedang beraktivitas. "Mual ya Allah gempa lagi nyuapin anak meni langsung panik gini, kirain aku kurang nasi matak lieur" tulis akun @fnanindya.

Akun lain yakni @shinrwa mengaku merasakan gempa setelah melihat bangku sekolahnya bergoyang. "ya Allah deket. pantesan ini tadi lagi ngerjain soal bangku goyang2. pada ngira temen sebangku nya yg goyang2 bangku ternyata gempa," tulisnya.

Hal serupa dirasakan @_Re1y_ yang mengaku sedang bersekolah. "Bandung juga kerasa, lagi belajar bahasa indonesia," tulisnya.

Di sisi lain, akun @zxfffrr mengaku tak merasakan gempa yang terjadi. Lucunya, ia tak merasakan karena sedang mengejar kucing. "pantes temen kantor pada bilang gempa, tapi aku ga kerasa soalnya lagi ngejar kucing," tulisnya.

Sebelumnya, BMKG lewat akun twitter resmi mengabarkan terjadinya gempa di Suka Bumi, Jawa Barat lewat akun twitter resmi @infoBMKG.

"#Gempa Dirasakan Magnitudo: 5.8, Kedalaman: 104 km, 08 Des 2022 07:50:57 WIB, Koordinat: 7.11 LS-106.99 BT (Pusat gempa berada di darat 22 km Tenggara Kota Sukabumi) #BMKG"

Namun BMKG meralat kekuatan gempa setelah melakukan analisa lebih lanjut. "#Gempa Mag:2.8, 08-Dec-2022 08:05:50WIB, Lok:7.36LS, 106.82BT (50 km BaratDaya KOTA-SUKABUMI-JABAR), Kedlmn:74 Km #BMKG Disclaimer:Dlm bbrp menit pertama stlh gmp,parameter gmp dapat berubah dan boleh jadi blm akurat,kecuali tlh dianalisis ulang seismologist"

Gempa M 5,8 Guncang Sukabumi, Warganet Heboh

Sementara itu, Koordinator Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan, gempa ini terjadi di dalam lempeng indo-australia atau gempa Benioff.

Daryono, lewat akun twitternya, juga menulis gempa dipicu deformasi batuan dalam lempeng "(intraslab) pada lempeng indo-australia atau populer disebut sebagai gempa di zona benioff" tulisnya.

"Gempa M5,8 ini tdk berpotensi tsunami dan belum ada laporan kerusakan," tulisnya lagi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال