76 Rudal Rusia Ditembakkan ke Ukraina dalam sehari, 60 Rudal dihancurkan

Situasi di Ukraina yang terus diinvasi Rusia (dok. Reuters)

ARSIPSUMUT - Otoritas militer Ukraina melaporkan sedikitnya 76 rudal ditembakkan Rusia ke negara tersebut sepanjang Jumat (16/12) waktu setempat. Sekitar 60 rudal di antaranya berhasil ditembak jatuh atau dihancurkan.

Seperti dilansir CNN dan kantor berita ukraina, Ukrinform, Sabtu (17/12/2022), data awal dari panglima Angkatan Bersenjata Ukraina Valeriy Zaluzhny menyebut bahwa dari 76 rudal yang ditembakkan Rusia, sebanyak 72 rudal di antaranya merupakan jenis rudal jelajah Kh-101 dan Kh-22.

Empat rudal lainnya, sebut Zaluzhny, merupakan jenis rudal udara ke permukaan Kh 59 dan KH31P. Zuluzhny mengungkapkan bahwa rudal-rudal rusia itu ditembakkan dari Laut Kaspia dan Laut Hitam.

"Menurut data awal, pagi ini dari area-area Laut Kaspia dan Laut Hitam, musuh menembakkan 76 rudal, termasuk 72 rudal jelajah dan empat rudal jenis guided udara-ke-permukaan terhadap infrastruktur penting Ukraina," ungkap Zaluzhny dalam pernyataan via Facebook pada Jumat (16/12) waktu setempat.

Diklaim oleh Zaluzhny bahwa sebanyak 60 rudal Rusia berhasil dihancurkan oleh pasukan militer Ukraina dan sarana pasukan anti-rudal Angkatan Udara, juga sistem pertahanan udara Angkatan Darat.

"Teror rudal dan upaya berani musuh untuk menerobos pertahanan udara tidak akan memaksa kita untuk meletakkan senjata," tegas Zaluzhny.

Dalam pernyataan terpisah, juru bicara Angkatan Udara Ukraina Yurii Inhat menyebut Rusia untuk pertama kali mengerahkan pesawat pengebom strategis dalam rentetan serangan rudal sepanjang Jumat (16/12) waktu setempat.

Pesawat pengebom itu dilaporkan melancarkan serangan dari dalam wilayah Rusia.

"Untuk pertama kalinya, penjajah menggunakan pengebom strategis Tu95 dari area di mana pesawat itu berada, dari area Engels," sebutnya.

Engels merupakan pangkalan udara Rusia yang dihujani serangan drone pada 5 Desember lalu, yang diyakini Moskow didalangi oleh Ukraina.

Untuk ibu kota Ukraina, otoritas setempat melaporkan telah menembak jatuh 37 rudal dari total 40 rudal Rusia yang terdeteksi diluncurkan ke kota Kiev sejak Jumat (16/12) pagi waktu setempat. Rentetan serangan pada Jumat (16/12) kemarin disebut sebagai salah satu serangan rudal terbesar Rusia terhadap Kiev.

"Kiev bertahan dari salah satu serangan rudal terbesar sejak awal invasi skala penuh. Sekitar 40 rudal tercatat di wilayah udara ibu kota," sebut otoritas regional Kiev dalam pernyataan via media sosial, seperti dilansir AFP.

Sebanyak 37 rudal di antaranya dihancurkan oleh pasukan pertahanan udara!" imbuh pernyataan itu.

Dilaporkan sedikitnya satu orang mengalami luka-luka akibat serangan rudal Rusia di wilayah Kiev.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال