Tren Pencarian Kata Gempa di Google Melonjak 1.300 Persen

Tren Pencarian Kata Gempa di Google Melonjak 1.300 Persen
Warga memotret bangunan yang rusak akibat gempa cianjur di Kampung Gasol 2, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 25 November 2022. Dalam data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terakhir total rumah rusak akibat Gempa Cianjur mencapai 56.311, dengan rincian rusak berat 22.267 unit, rusak sedang 11.836 unit dan rusak ringan 22.208 unit. TEMPO/M Taufan Rengganis

arsipsumut.com

Peristiwa gempa Cianjur pada Senin, 21 November 2022, dan sejumlah korbannya yang begitu besar, telah melejitkan kata 'gempa' di mesin pencarian Google. Sepanjang 21-24 November lalu, peningkatan pencarian atas kata itu di dunia tercatat sebesar 1.300 persen. 

Minat penelusuran tentang gempa menurut kota juga meningkat di Indonesia. Beberapa yang mencuat adalah gempa dan Cianjur, Karang Tengah, Cisarua dan Sukaluyu. 

Dampak gempa yang dirasa mengejutkan karena lebih dari 300 orang meninggal dan 2.000 yang luka-luka, serta ribuan rumah dan bangunan ambruk, menyebabkan warganet terus berusaha mencari data perkembangan terbaru. Pencarian terkait yang mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa hari terakhir di Indonesia adalah:

- Korban gempa Cianjur dan penyebab gempa Cianjur
- Apakah ada gempa susulan di Cianjur
- Info tsunami hari ini
- RSUD Sayang Cianjur alamat

Sedangkan untuk pencarian di seluruh dunia, 'Open Donasi Gempa Cianjur' adalah pencarian baru yang mengalami peningkatan signifikan pada 22 November 2022. Pada hari yang sama, di Indonesia, pertanyaan teratas tentang bencana alam menurut Google Trends adalah sebagai berikut, 

- Daerah mana saja yang terkena gempa di Cianjur
- Gempa yang terjadi hari ini di mana
- Cianjur di mana
- Di mana pusat gempa hari ini
- Apakah ada gempa susulan hari ini

Sedangkan, pencarian teratas di kategori yang sama untuk spesifik kata Cianjur pada 22 November, di seluruh dunia, adalah

- Gempa Cianjur
- Pray for Cianjur
- Korban gempa Cianjur
- Penyebab gempa Cianjur

Sebagai catatan, Google Trends adalah alat untuk memahami tren pencarian dengan menunjukkan seberapa sering istilah tertentu dicari relatif terhadap total volume pencarian di situs Google selama periode waktu tertentu. Tapi Google tidak hanya membantu pencarian warga net seputar bencana tersebut. Perusahaan menyatakan turut berduka cita atas musibah yang terjadi.

Untuk mendukung keluarga yang terkena dampak, Google.org menyatakan akan mendonasikan Rp 1,5 miliar untuk mendukung beragam lembaga yang saat ini melakukan pekerjaan luar biasa dalam keadaan yang sangat sulit ini.“Kami pun memulai kampanye penggalangan dana internal jika karyawan Google ingin turut berkontribusi pada saat kritis ini,” kata Jason Tedjasukmana, Head of Communications PT Google Indonesia.

Selain itu, Google mengajak warga untuk memasukkan kata kunci “tips gempa” atau “tips menghadapi gempa” di Google Search atau Asisten Google untuk informasi seputar cara menghadapi atau mengantisipasi bencana gempa bumi dari sumber terpercaya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال