Ribuan Relawan Jokowi Padati GBK Pagi Ini, Hadiri Acara Nusantara Bersatu

Ribuan Relawan Jokowi Padati GBK Pagi Ini, Hadiri Acara Nusantara Bersatu
Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyapa relawan saat menghadiri Konser Satu Komando Sapu Lidi di Stadion Gelora 10 November Tambaksari, Surabaya, Ahad, 21 Agustus 2022. 
ANTARA/Umarul Faruq

arsipsumut.com

Ribuan relawan Jokowi yang berasal dari berbagai kelompok memadati Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat pada Sabtu pagi, 26, November 2022. Mereka datang dengan mengenakan baju atasan putih dan membawa berbagai atribut.

Dari pantauan Tempo di lokasi, para relawan ini datang dengan menggunakan bus dan kendaraan pribadi. Puluhan bus para relawan yang datang datang dari berbagai daerah itu memadati jalan Sudirman. Hal itu membuat lalu lintas di menjadi macet karena kendaraan yang parkir di sisi jalan. 

Para relawan itu pun datang dari berbagai daerah. Salah satunya adalah Yogi, seorang relawan dari Yogyakarta. Dia mengatakan dirinya datang bersama rombongan menggunakan bus. 

"Berangkat dari kemarin ramai-ramai," kata Yogi saat ditemui Tempo. 

150 ribu relawan Jokowi diklaim akan hadir

Presiden Jokowi dipastikan hadir dalam acara ini. Ia dijadwalkan memberikan sambutan sekitar pukul 09.30 WIB. Sambil menunggu kedatangan Jokowi, para relawan dihibur oleh sejumlah penampilan musik. 

Dari pantauan di lokasi, para relawan Jokowi tak cuma menempati tribun penonton yang berkapasitas 77 ribu. Mereka juga terlihat duduk di lapangan bola yang sudah ditutup dengan alas.

Ketua panitia yang juga Staf Khusus Jokowi, Aminuddin Ma'ruf, menyatakan bahwa acara ini akan diikuti oleh sekitar 150 ribu relawan. 

Janji Jokowi

Acara yang diberi nama Nusantara Bersatu ini merupakan realisasi dari janji Jokowi kepada sejumlah kelompok relawan. Dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) kelompok relawan Pro Jokowi (Projo) Mei lalu, presiden sempat berjanji akan menggelar pertemuan dengan seluruh kelompok relawan pada akhir tahun ini.

Jokowi saat itu sempat meminta para relawan untuk bersabar dalam menentukan calon presiden yang akan mereka usung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyatakan akan menentukan pilihannya pada waktu yang tepat. 

Meskipun demikian, Jokowi sempat memberi sinyal akan memberikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam acara itu. Kelompok relawan Jokowi itu pun belakangan kerap  merapat ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang gencar dikabarkan akan mengusung Ganjar sebagai calon mereka pada Pilpres 2024. Meskipun demikian, KIB hingga saat ini belum mengumumkan secara resmi siapa calon presiden yang akan mereka usung. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال