Pengertian Kecepatan Cahaya

Pengertian Kecepatan Cahaya
Ilustrasi pengertian kecepatan cahaya. [Melmak/Pixabay]

arsipsumut.com

Cahaya diketahui bergerak dengan kecepatan luar biasa, sehingga banyak para ilmuwan yang ingin mempelajari tentang pengertian kecepatan cahaya.

Kecepatan cahaya dianggap sebagai penghalang yang konstan dan tidak dapat dipecahkan serta digunakan sebagai alat pengukur jarak.

Cahaya bergerak dengan kecepatan konstan 1.079.252.848,8 (1,07 miliar) km per jam. Itu berarti 299.792.458 m/s atau sekitar 670.616.629 mph (mil per jam).

Sebagai perbandingan, manusia dapat mengelilingi dunia sekitar 7,5 kali dalam satu detik dengan kecepatan cahaya.

Dalam perspektif astronomi, jarak rata-rata dari Bumi ke Bulan adalah 384.398,25 km (238.854 mil), sehingga cahaya hanya membutuhkan waktu satu detik untuk melintasi jarak tersebut.

Sedangkan jarak rata-rata Matahari ke Bumi adalah 149.597.886 km (92.955.817 mil), yang berarti cahaya hanya membutuhkan waktu sekitar delapan menit untuk melakukan perjalanan tersebut. Tidak heran mengapa kecepatan cahaya adalah metrik yang digunakan untuk menentukan jarak astronomis.

Sejarah kecepatan cahaya

Terobosan penting yang dibuat Einstein pada 1905 tentang sifat cahaya memiliki kesimpulan bahwa kecepatan cahaya adalah konstan.

Dilansir dari America Museum of Natural History pada Rabu (2/11/2022), Einstein memiliki wawasan tak terduga dan paradok bahwa cahaya dari sumber yang bergerak memiliki kecepatan yang sama dengan cahaya dari sumber yang tidak bergerak.

Sebagai contoh, berkas cahaya dari mercusuar, lampu depan mobil yang melaju kencang, dan lampu pada jet supersonik adalah cahaya yang bergerak dengan laju konstan, meskipun ada perbedaan dalam seberapa cepat sumber sinar ini bergerak.

Teori Relativitas Khusus didasarkan pada pengakuan Einstein bahwa kecepatan cahaya tidak berubah, bahkan ketika sumber cahaya bergerak.

Meskipun mungkin tampak logis untuk menambahkan kecepatan sumber cahaya dan kecepatan berkas cahaya untuk menentukan kecepatan total, cahaya tidak bekerja dengan cara ini.

Ini terbukti dari tidak peduli seberapa cepat Einstein mengendarai sepedanya, cahaya yang datang dari lampu depan selalu bergerak dengan kecepatan yang sama.

Informasi tentang pengertian kecepatan cahaya dan sejarahnya diharapkan dapat memberikan pengetahuan tambahan dan memperluas wawasan. (Pasha Aiga Wilkins)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال