Crypto.com Salah Kirim Ethereum Setara Rp 6,4 Triliun, Beruntung Bisa Kembali

Crypto.com Salah Kirim Ethereum Setara Rp 6,4 Triliun, Beruntung Bisa Kembali
Ilustrasi Bursa Kripto. REUTERS/Arnd Wiegmann

arsipsumut.com

Kasus salah kirim uang digital dalam jumlah besar kembali terjadi.  CEO Crypto.com Kris Marszalek mengatakan perusahaan secara keliru mengirim 320.000 Ethereum ke bursa cryptocurrency lain sekitar tiga minggu lalu.

Crypto.com mengirim 320.000 dalam Ethereum yang setara US$416 juta, atau setara Rp 6,4 triliun, itu ke bursa mata uang kripto yang disebut Gate.io sekitar tiga minggu lalu melalui Web3 Is Going Just Great. Marszalek mengatakan kalau perusahaan seharusnya mengirim ke salah satu dompetnya yang dingin, atau offline.

"Tetapi secara tidak sengaja mengirimkannya ke alamat "daftar putih" milik akun perusahaannya di Gate.io," katanya via akun Twitter. 

Kesalahan ditemukan setelah Marszalek secara terbuka memposting alamat dompet dingin perusahaan untuk memberikan transparansi tentang pertukaran dengan dananya. Setelah menggali transaksi Crypto.com, satu pengguna, Conor Grogan, menunjukkan bahwa pertukaran mengirim 320.000 Ethereum ke Gate.io pada 21 Oktober, jumlah yang membentuk sekitar 80 persen dari kepemilikan Ethereum perusahaan.

Marszalek cepat menambahkan bahwa perusahaan sudah dapat memulihkan keseluruhan aset yang dialihkan. Pengguna di Twitter juga mengkonfirmasi bahwa Crypto.com menerima dananya kembali sekitar seminggu kemudian dengan mentransfer 285.000 Ethereum (350 juta USD) ke dalam satu dompet dan memasukkan sisa 35.000 Ethereum (43 juta USD) ke dompet lainnya.

Di pihak lain, Gate.io juga mengeluarkan tanggapan bahwa perusahaan mencatat telah mengembalikan dana setelah menyadari bahwa transfer tersebut adalah kesalahan operasi.

Kabar baiknya, setidaknya dana Crypto.com benar-benar dikembalikan kali ini. Pada Agustus lalu, salah ketik yang fatal mengakibatkan Crypto.com memberikan pelanggan $7,2 juta alih-alih pengembalian uang $68, dan sampai saat ini masih menuntut untuk mendapatkannya kembali.

Terlepas dari jaminan dari Marszalek bahwa semua sistem beroperasi secara normal, penarikan aset dari platform tak terhindarkan. Penggunanya mulai khawatir apakah Crypto.com akan mengalami nasib yang sama seperti FTX yang sekarang bangkrut dan perusahaan lain yang terkepung masalah.

Beberapa pengguna berspekulasi apakah transfer dilakukan untuk mengubah bukti cadangan yang dijanjikan oleh banyak pertukaran kripto sebagai tanggapan atas keruntuhan FTX. CEO Binance Changpeng Zhao tampaknya menyinggung situasi tersebut dalam sebuah tweet pada Minggu pagi, 13 November 2022.

“Jika sebuah bursa harus memindahkan crypto dalam jumlah besar sebelum atau setelah mereka menunjukkan alamat dompet mereka, itu adalah tanda masalah yang jelas. Menjauh,” cuitnya.

Sementara Gate.io menerbitkan snapshot audit asetnya pada 19 Oktober dan, mengklarifikasi bahwa deposit Crypto.com tidak termasuk itu. Crypto.com juga memberikan sebagian bukti cadangan pada 11 November.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال