Bantuan AS ke Ukraina Tembus Rp 264 Triliun, Pantes Joe Biden Jengkel ke Zelensky!

Bantuan AS ke Ukraina Tembus Rp 264 Triliun, Pantes Joe Biden Jengkel ke Zelensky!
Presiden Joe Biden bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

arsipsumut.com

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky benar-benar membuat jengkel Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Diketahui, hubungan keduanya memang sangat dekat sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2024 lalu. 

AS menjadi sekutu paling vokal dalam mengecam serangan tersebut dan paling aktif dalam memberikan bantuan ke Ukraina. Bantuan tersebut dapat berupa persenjataan atau pun bantuan kemanusiaan untuk warga Kiev yang terkena dampak dari serangan brutal Moskow.

Namun, akhir-akhir ini yang menjadi sorotan adalah Biden menjadi marah pada Presiden Ukraina yang dinilainya tak tahu berterimakasih. 

Kekesalan Biden pada Zelensky itu berawal dari pembicaraan melalui telepon pada bulan Juni, setelah AS mengirimkan bantuannya ke Ukraina, Biden dan Zelensky saling berbicara dan Zelensky juga memuji AS yang tetap setia memberikan bantuan kepada Ukraina.

"Zelensky membuat pernyataan memuji AS atas bantuannya yang murah hati," kata sumber yang mengetahui hal itu, dikutip dari NBCNews, Rabu, 2 November 2022. 

Namun, baru saja selesai mengirimkan bantuan kepada Ukraina, Zelensky sudah meminta bantuan lagi kepada AS dengan mendaftarkan semua bantuan tambahan yang belum dia dapatkan.

Permintaan Zelensky itu membuat Biden kehilangan kesabaran karena dia merasa bahwa AS sudah cukup murah hati untuk memberikan bantuan kepada Kiev. Menrutu empat orang yang akrab dengan kedua pemimpin itu, mengatakan bahwa militer AS sudah bekerja keras untuk meembantu Ukraina. 

"Zelensky seharusnya bisa menunjukkan sedikit lebih banyak rasa terima kasih," kata mereka.

Sumber itu juga menegaskan bahwa hubungan Biden dan Zelensky hanya membaik sejak panggilan bulan Juni, tepat setelah pemimpin Kiev itu memuji AS atas bantuannya yang murah hati. 

Sebelum percakapan telepon 15 Juni, rasa frustrasi Biden terhadap Zelensky telah meningkat selama berminggu-minggu. Biden dan beberapa pembantu utamanya merasa bahwa pemerintah AS melakukan sebanyak mungkin secepat mungkin, tetapi Zelensky terus fokus hanya pada apa yang tidak dilakukan. 

Total Bantuan AS   

Kemarahan Joe Biden kepada Zelensky dinilai cukup beralasan. Pasalnya, AS sejak awal  mengirimkan bantuan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) kepada militer Ukraina, untuk menghadapi Rusia. 

Pada Januari 2022, AS telah menerima kiriman senjata ke Ukraina sebagai bagian dari bantuan pertahanan senilai US$200 juta (sekitar Rp2,86 triliun).  

Washington menegaskan bahwa pihaknya akan terus mendukung Ukraina di tengah kekhawatiran di Kiev dan di antara sekutu Barat mereka atas pengerahan ratusan ribu pasukan Rusia di perbatasan mereka dengan Rusia.

Bantuan tersebut terus dikirimkan AS ke Ukraina, hingga September 2022, Departemen Pertahanan AS mengumumkan bantuan keamanan tambahan sekitar $1,1 miliar atau sekitar Rp 16,5 triliun, untuk Ukraina di bawah Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina (USAI).

Bantuan ini menjadi komitmen AS untuk terus mendukung Ukraina dalam jangka panjang. Sekaligus investasi multi-tahun untuk membangun kekuatan Angkatan Bersenjata Ukraina karena terus mempertahankan kedaulatan dan wilayah Ukraina dalam menghadapi agresi Rusia.  

Beberapa bantuan AS ke Ukraina antara lain meliputi 18 Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) dan amunisi; 150 Kendaraan Humvee; 150 Kendaraan Taktis untuk menarik senjata; 40 truk dan 80 trailer untuk mengangkut alat berat; 2 radar untuk Sistem Udara Tak Berawak; 20 radar multi-misi.

Kemudian Sistem Udara Kontra-Tak Berawak; Sistem komunikasi taktis aman, sistem pengawasan, dan optik; peralatan pembuangan persenjataan bahan peledak; Pelindung tubuh dan peralatan lapangan lainnya; Pendanaan untuk pelatihan, pemeliharaan, dan pemeliharaan. Secara total, AS kini telah memberikan sekitar $16,9 miliar setara Rp 264 triliun bantuan keamanan ke Ukraina sejak Januari 2021. 

Bila dihitung sejak 2014, AS telah memberikan sekitar $19 miliar bantuan keamanan ke Ukraina lebih dari $16,2 miliar sejak awal invasi brutal dan tak beralasan Rusia pada 24 Februari.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال