Badan Intelijen Inggris Peringatkan China Jadi Tantangan Besar dan Abadi

Badan Intelijen Inggris Peringatkan China Jadi Tantangan Besar dan Abadi
Badan Intelijen Inggris ungkap China menjadi tantangan besar dan abadi (Foto: PA Media)

arsipsumut.com

Badan Intelijen Inggris (M15) memperingatkan China adalah "tantangan besar dan abadi". Hal ini diungkapkan Kepala MI5, Ken McCallum, dalam pembaruan tahunannya tentang ancaman yang dihadapi Inggris.

Dia menegaskan pihaknya akan menggunakan "semua cara yang mereka miliki" untuk memantau dan kadang-kadang mengintimidasi mereka yang dianggap lawan.

Baru-baru ini seorang pengunjuk rasa pro-demokrasi diserang di konsulat China di Manchester.

"Kami melihat indikasi lebih lanjut dari penindasan itu," katanya, dikutip BBC.

Dia menambahkan bahwa hal ini melampaui laporan kantor polisi luar negeri tentang cara lain untuk menerapkan tekanan pada mereka yang menantang Beijing.

"Untuk mengintimidasi dan melecehkan warga negara Inggris atau mereka yang menjadikan Inggris sebagai rumah mereka tidak dapat ditoleransi," ujarnya.

Pada Januari lalu, MI5 mengeluarkan peringatan gangguan yang tidak biasa tentang upaya China untuk mempengaruhi politik Inggris dan McCallum mengatakan dinas intelijen China terus mencoba untuk mempengaruhi kehidupan public. Termasuk dengan merekrut agen potensial di awal karir mereka, misalnya sebagai anggota dewan lokal atau sebelum mereka bekerja. telah menjadi calon anggota parlemen.

Sebelumnya, badan intelijen Inggris MI5, memperingatkan Inggris harus siap untuk agresi Rusia selama bertahun-tahun yang akan datang.

Laporan itu mengungkapkan Moskow akan terus menggunakan campuran ancaman rahasia - seperti mata-mata dan serangan dunia maya - serta cara yang lebih terbuka seperti tekanan pada harga energi dan disinformasi untuk menargetkan Inggris.

"Mereka akan terus menyerang kita,” ujarnya, dikutip BBC.

Namun dia mengatakan Rusia telah mengalami kemunduran strategis setelah pengusiran massal mata-matanya di seluruh dunia setelah invasinya ke Ukraina.

Selain itu, laporan juga mengungkapkan setidaknya ada 10 ancaman potensial oleh Iran untuk menculik atau membunuh orang-orang Inggris atau yang berbasis di Inggris tahun ini.

McCallum memperingatkan perubahan terbesar yang dilihat oleh dinasnya datang dalam ancaman yang ditimbulkan oleh negara bagian lain yang "tidak mudah tersinggung dengan taktik yang mereka gunakan".

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال