Sidang Perdana Roy Suryo Digelar di PN Jakbar Rabu 12 Oktober

Sidang Perdana Roy Suryo Digelar di PN Jakbar Rabu 12 Oktober
Roy Suryo (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)

arsipsumut.com

Roy Suryo akan segera diadili terkait kasus postingan meme stupa Candi Borobudur. Sidang perdana Roy Suryo akan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat pekan depan.

"Kami sangat menghormati dan menghargai persidangan yang akan dilangsungkan pada hari Rabu, 12 Oktober 2022 di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Barat," kata pengacara Roy Suryo, Pitra Romadoni, dalam keterangannya, Jumat (7/10/2022).

Pitra mengatakan kliennya sangat siap mengikuti jalannya persidangan nanti. Roy Suryo pun meminta sidang dilakukan secara offline.

"Kami selaku tim penasehat hukum Roy Suryo meminta kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat agar menerapkan sidang offline (langsung/tatap muka) terhadap pemeriksaan perkara Roy Suryo. Hal tersebut sangat menentukan nasib dan masa depan klien kami," katanya.

Menurut Pitra, sidang secara tatap muka itu diharapkan mampu mengurangi potensi kesaksian palsu dari saksi-saksi yang dihadirkan dalam sidang kasus Roy Suryo.

"Klien kami sangat keberatan dan menolak apabila persidangan tersebut dilakukan secara online (tidak langsung). Hal tersebut sangat merugikan klien kami karena persidangan tersebut menyangkut fakta dan kebenaran materil yang harus didengarkan secara langsung (tatap muka) sehingga dapat mencegah potensi kesaksian-kesaksian palsu," jelas Pitra.

Roy Suryo Ditahan di Rutan Salemba

Roy Suryo sebelumnya telah dilimpahkan ke Kejati DKI Jakarta pada Kamis (29/9). Roy Suryo ditahan di Rutan Salemba sambil menunggu persidangan digelar.

"Sudah sekitar pukul 12.30 WIB. Sekarang (Roy Suryo) ditahan di Rutan Salemba selama 20 hari ke depan," kata Kasipenkum Kejati DKI Jakarta Ade Sofyan saat dihubungi, Kamis (29/9).

Ade mengatakan penahanan 20 hari kepada Roy Suryo itu telah sesuai dengan prosedur. Secara kondisi kesehatan pun mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ini dinyatakan siap untuk dilakukan penahanan.

"Ada surat keterangannya (kondisi sehat) dari penyidik dibawa. Bukan penyidik yang mengeluarkan. Kondisinya sehat, secara fisik juga layak dan siap untuk di-tahap-dua-kan," jelas Ade.

Selain itu, Ade mengatakan Roy Suryo dalam kondisi sehat saat proses pelimpahan berlangsung. Tidak ada kursi roda maupun penyangga leher yang dikenakan seperti yang pernah dipakai Roy ketika menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

"Lancar dan kooperatif juga Pak Roy Suryo ini. Nggak ada penyangga, nggak ada kursi roda, normal. Ditanya juga dijawab dengan baik," tutur Ade.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال