Setelah Lyman, Ukraina Rebut 2 Permukiman dari Tangan Rusia

Setelah Lyman, Ukraina Rebut 2 Permukiman dari Tangan Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (tengah) dikelilingi oleh tentara selama kunjungannya di Izium, wilayah Kharkiv, Ukraina, Rabu (9/9/2022).(KANTOR PERS KEPRESIDENAN UKRAINA via AP PHOTO)

arsipsumut.com

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa pasukannya berhasil merebut permukiman kecil Arkhanhelske dan Myrolyubivka di wilayah Kherson. 

Pengumuman tersebut disampaikan Zelensky dalam pidatonya pada Minggu (2/10/2022), sebagaimana dilansir Reuters. 

Zelenskiy menyebutkan kedua permukiman itu ketika mengucapkan terima kasih dalam pidato malamnya kepada unit-unit khusus pasukan Ukraina di garis depan.

Dalam pidatonya, Zelensky juga menyampaikan bahwa keberhasilan pasukan Ukraina tidak hanya terbatas pada Lyman di wilayah Donetsk yang baru saja dibebaskan. 

Diberitakan sebelumnya, Rusia menderita kekalahan militer yang memalukan pada Sabtu (1/10/2022) ketika pasukan Ukraina berhasil merebut Kota Lyman. 

Kementerian Pertahanan Rusia mengakui bahwa tentaranya telah mundur dari kota yang masuk wilayah di Donetsk, Ukraina timur, tersebut.

Pasukan Rusia, lanjut Kementerian Pertahanan Rusia, telah ditarik ke posisi yang lebih strategis, sebagaimana dilansir The Guardian. 

Kota Lyman merupakan benteng penting bagi Moskwa yang digunakan Rusia sebagai pusat logistik dan transportasi untuk operasinya di utara wilayah Donetsk. 

Bila Kota Lyman jatuh, itu akan menjadi kemunduran besar terbaru bagi Kremlin dalam upayanya merebut semua wilayah industri Ukraina timur alias Donbass.

Selain Lyman, Pasukan Ukraina juga membebaskan beberapa pemukiman lain di sekitarnya termasuk Yampil, Novoselivka, Shandrigolovo, dan Drobysheve. 

Mundurnya Rusia dari Lyman terjadi tak lama setelah Ukraina mencatatkan sejumlah keberhasilan dalam serangan baliknya.

Bulan lalu, pasukan Ukraina hampir sepenuhnya membebaskan wilayah timur laut Kharkiv, sebagaimana dilansir The Guardian.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال