Perjalanan KA Terhambat Akibat Amblesan, KAI Ganti Tiket 100 Persen

Perjalanan KA Terhambat Akibat Amblesan, KAI Ganti Tiket 100 Persen
PT Kereta Api Indonesia (Persero) meminta maaf kepada seluruh pelanggan atas gangguan perjalanan Kereta Api yang melintas di wilayah Daop 5. (Safyra Primadhyta).

arsipsumut.com

PT Kereta Api Indonesia/ KAI (Persero) meminta maaf kepada seluruh pelanggan kereta api atas gangguan di wilayah Daop 5 Purwokerto sehingga mengakibatkan gangguan perjalanan kereta api yang melintas.

Informasi dari Pusat Pengendali Operasional Perjalanan KA Daop 5 pada pukul 01.01 WIB diinformasikan bahwa mendapat laporan dari Awak Sarana Perkeretaapian KA Kahuripan (PLB 283C) relasi Blitar-Kiaracondong, di petak jalan antara Stasiun Jeruklegi-Kawunganten tepatnya di KM 367+6/7 mendapati gangguan perjalanan akibat terjadi amblesan sepanjang 15 meter dan di KM 372+400 akibat gogosan.

"Sejumlah titik jalur lintas KA di wilayah Daop 5 Purwokerto mengalami gangguan akibat hujan yang turun terus menerus. Di antaranya petak jalan Stasiun Jeruklegi-Kawunganten dan di Stasiun Kroya KM 402+1/2 akibat genangan air yang cukup tinggi," jelas Vice President KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat. 

Akibat kejadian tersebut, sejumlah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh yang melewati wilayah Daop 5 Purwokerto mengalami gangguan kelambatan.

Di antaranya KA Mutiara Selatan (KA 132) relasi KiaraCondong-Surabaya Gubeng lambat 378 menit, KA Turangga (KA 79) relasi Surabaya Gubeng-Bandung lambat 373 menit.

Parcel Selatan (KA 300G) lambat 329 menit, KA Malabar (KA 119) relasi Malang-Kiaracondong lambat 309, KA Kutojaya Selatan (KA 312) relasi Kiaracondong-Kutoarjo lambat 281 menit, KA Mutiara Selatan (KA 131) relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong lambat 324 menit, KA Parcel Selatan (KA 299C) lambat 199 menit dan KA Kahuripan (KA 284) relasi Kiaracondong-Blitar lambat 217 menit.

Sebab itu, KAI Daop 5 Purwokerto akan memindahkan penumpang ke armada bus serta merubah rute perjalanan KA untuk KA Serayu Pagi yang seharusnya keberangkatan dari Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen menjadi hanya relasi Purwokerto-Cikampek.

Hingga saat ini seluruh tim prasarana KAI terus berupaya melakukan tindakan penanganan di lokasi untuk dapat memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api di sejumlah area jalur rel yang terdampak.

KAI juga memberikan kompensasi bagi penumpang yang terdampak. Bagi penumpang yang perjalanannya terdampak, dapat melakukan proses pembatalan tiket melalui loket yang terdapat di stasiun.

"Pembatalan tiket karena perjalanan kereta api dibatalkan, akan dikembalikan 100 persen di luar bea pesan," tutup Daniel.

Sebelumnya, Penumpang kereta api jarak jauh Surabaya-Bandung, KA Turangga, tertahan di Stasiun Jeruklegi sejak pukul 01.00 dini hari.

Nova, salah satu penumpang, menuturkan kereta tersebut hingga masih tertahan karena tanah longsor yang salah satu jalur kereta menuju Bandung.

"Kereta Turangga berangkat dari Surabaya jam 19.00 kemarin malam, berhenti di Stasiun Jeruklegi jam 01.00 dini hari karena ada tanah longsor di jalur kereta yang ke arah Bandung," tuturnya kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (8/10).

"Sampai jam 09.30 ini masih tertahan di Stasiun Jeruklegi, kemungkinan penumpang mau dioper ke bis menuju Bandung. Seharusnya sudah masuk Bandung jam 05.00 pagi tadi," imbuhnya.

Namun, hingga saat ini masih belum ada informasi kapan penumpang mulai dioper menuju bis ke arah Bandung tersebut. "Ini masih menunggu, nanti dikabari lagi. Sepertinya jalur kereta daerah selatan putus total," katanya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال