PSI Umumkan Ganjar Prabowo Jadi Capres, PDIP: Monggo Saja


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Ist)

arsipsumut.com

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah mendeklarasikan kader PDIP Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Menanggapi hal tersebut, Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuriyanto menyatakan hal itu adalah urusan dan hak PSI.

“Itu urusan rumah tangga orang,” kata Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (3/10/2022).

Namun, terkait kadernya yakni Ganjar yang “direbut” PSI, Bambang mempersilakan menyerahkan hal tersebut ke Ganjar. “Biarkan saja, itu kan urusan tata krama. Monggo saja, terserah,” kata dia.

Sebelumnya, PSI telah mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 sebagai hasil Rembuk Rakyat yang diselenggarakan sejak akhir Februari lalu.

“Darihasil Rembuk Rakyat itu, kami mengumumkan, Partai Solidaritas Indonesia akan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di 2024,” kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie dalam konferensi pers online, Senin (3/10/2022).

Grace menyebut PSI belum menyampaikan secara langsung terkait keputusan PSI kepada Ganjar. Namun, Ganjar mengetahui ada rembuk rakyat dan terbuka terhadap gerakan PSI tersebut.

“Pak Ganjar bukan kader PSI, kami tidak informasikan ke beliau secara khusus tapi komunikasi ada dari waktu ke waktu dan beliau mengetahui adanya rembuk rakyat dan terbuka ada gerakan dari masyarakat,” kata dia.

Terkait waktu deklarasi yang sama dengan NasDem, menurut Grace hal itu untuk menunjukkan bahwa bukan hanya Anies yang didukung Partai, Ganjar juga.

“Ini kebetulan waktu yang kebetulan sama (dengan NasDem). Jadi momen baik untuk masyarakat melihat bahwa tidak hanya pak Anies yang punya dukungan partai, tapi pak Ganjar juga,” kata dia.

Jaring Nama Capres

Sebelumnya, Grace menyebut Rembuk Rakyat sendiri adalah mekanisme yang dibuat PSI untuk menjaring nama-nama calon presiden yang akan didukung untuk melanjutkan kepemimpinan Jokowi.

“Nama-nama itu didapat dari hasil turun ke bawah yang dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Pusat dan pengurus daerah yang bertemu para tokoh dan mendengarkan suara mereka terkait nama-nama yang pantas untuk menjadi calon presiden berikutnya,” lanjut Grace.

Sejak awal, lanjutnya, Ganjar unggul dibanding kandidat lain. Bagi PSI, Ganjar Pranowo adalah calon terbaik karena memiliki visi kebangsaan dan kebhinekaan yang sama dengan yang selama ini diperjuangkan PSI.

“Selain itu, PSI melihat Mas Ganjar sebagai sosok yang paling pas untuk melanjutkan kerja-kerja yang selama ini telah dilakukan Pak Jokowi dalam memajukan Indonesia. Ini adalah calon presiden 2024 pilihan rakyat lewat Rembuk Rakyat, bukan keinginan elit PSI. Dan pilihan rakyat itu sesuai dengan hati nurani kami di PSI, ” tambah Grace.

Grace menyebut Ganjar dikenal sebagai orang yang merakyat, yang mengerti aspirasi kaum muda. Cara Ganjar memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan pikiran dan hal yang ia kerjakan.

“Meskipun Mas Ganjar bukan kader, tapi PSI berkomitmen mendukung kandidat terbaik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال