Jembatan Gantung di India Ambruk, Lebih dari 80 Tewas

Jembatan Gantung di India Ambruk, Lebih dari 80 Tewas
Jembatan yang ambruk di Gujarat, India. Dok. Reuters

arsipsumut.com

Setidaknya 81 orang tewas dalam musibah runtuhnya sebuah jembatan gantung penyeberangan di negara bagian Gujarat, India, pada Minggu, 30 Oktober 2022. Jembatan tersebut ambruk saat dipenuhi wisatawan yang sedang menikmati sejumlah acara festival di musim liburan.

Jembatan ambruk karena kelebihan kapasitas.

Jebatan itu membentang di atas sungai Manchhu di Kota Morbi, Gujarat, India. Korban dalam musibah ini langsung tercebur ke dalam sungai. Tim gawat darurat mencoba menyelamatkan mereka.

Rekaman video Reuters TV memperlihatkan ada puluhan orang menggantung di sejumlah kabel dan reruntuhan jembatan yang tersisa. Beberapa orang mencoba memanjat puing reruntuhan jembatan yang tersisa. Ada pula yang mencoba berenang dengan aman. Anak-anak menjadi korban tewas dalam musibah ini.

Prateek Vasava, korban yang berenang untuk menyelamatkan diri dari musibah ini, menceritakan dia melihat ada sejumlah anak-anak tercebur ke dalam sungai. Jembatan naas itu ambruk hanya dalam hitungan detik.

“Saya ingin menarik beberapa dari mereka (anak-anak) untuk berenang bersama saya. Namun mereka dengan cepat tenggelam tersapu air,” kata Vasava.

Atul Prajapati, tenaga kesehatan di rumah sakit terdekat dengan tempat musibah, mengatakan pihaknya telah menemukan 81 jenazah dan proses perhitungan akhir telah dimulai. Puluhan orang dilaporkan luka-luka dalam musibah ini.

Otoritas mengatakan ada lebih dari 400 orang sedang berada di jembatan dan sekitar jembatan gantung saat kejadian. Jembatan tersebut dibangun pada era penjajahan. Menteri Dalam Negeri India Harsh Sanghavi mengatakan lebih dari 150 orang berada di jembatan gantang tersebut.

Jembatan gantung tersebut ramai karena banyak orang ingin merayakan festival Diwali dan libur Chhath Puja. Acara itu banyak disukai anak-anak dan turis.  

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال