Google Mulai Uji Passkey Pengganti Password di Chrome, Apa Perbedaannya?

Google Mulai Uji Passkey Pengganti Password di Chrome, Apa Perbedaannya?
Ilustrasi Password. Kredit: the Register

arsipsumut.com

Kata sandi, password, telah menjadi dasar keamanan komputer selama bertahun-tahun. Namun, setelah waktu berjalan, ternyata tidak terlalu aman dan menjadi semakin tidak aman setelah kebocoran kata sandi besar-besaran.

Industri berusaha mencari cara yang lebih baik untuk masuk kepada yang disebut "kunci sandi atau passkey". Pengguna Google akan segera dapat menggunakan ini di perangkat Android dan perangkat lain yang menjalankan Chrome.

Perbedaan antara password dan passkey

Tidak seperti kata sandi, kunci sandi dibuat secara otomatis dan tidak digunakan kembali. Pengguna cukup memberi konfirmasi bahwa  ingin membuat yang baru untuk situs dan akun tertentu, lalu gunakan metode apapun untuk membuka kunci ponsel, misalnya pembaca sidik jari.

Setelahnya, passkey akan disinkronkan di semua perangkat yang digunakan oleh Pengelola Kata Sandi Google. Ini berarti, meskipun pengguna kehilangan ponsel, tapi masih memiliki akses ke semua akun lainnya.

Menggunakan passkey terlihat sama dengan menggunakan password yang tersimpan – cukup konfirmasikan akun yang ingin digunakan dan kemudian autentikasi dengan pembaca sidik jari atau buka kunci wajah atau apapun yang sudah dipilih sebelumnya. Hal yang menarik tentang kunci sandi adalah pengguna dapat menggunakan ponsel untuk masuk ke perangkat terdekat.

Misalnya jika komputer pengguna tidak memiliki pembaca sidik jari, maka dapat membukanya melalui ponsel.

Passkey atau kunci sandi bukan hanya milik Google, tetapi juga sistem yang didukung di berbagai platform. Safari di macOS sudah memiliki fitur ini, jadi jika pengguna mengunjungi situs yang menggunakan kunci sandi, kode QR akan muncul – pindai dengan ponsel Android Anda dan silakan masuk.

Begitulah cara kerjanya, sekarang kunci sandi tersedia di saluran beta Layanan Google Play dan Chrome Canary. Tetapi setelah siap untuk prime time, pengguna akan dapat menggunakannya di semua platform, misalnya menggunakan iPhone untuk masuk ke situs di Chrome pada Windows.

Kunci sandi juga datang ke aplikasi Android–itu adalah tujuan berikutnya untuk 2022 bagi tim Google yang mengerjakan fitur ini. Seperti kata sandi, kunci sandi yang dibuat di situs web akan berfungsi di aplikasi terkait dan sebaliknya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال