Fosil Naga Laut Berusia 180 Juta Tahun Ditemukan di Waduk Inggris

Fosil Naga Laut Berusia 180 Juta Tahun Ditemukan di Waduk Inggris
Fosil naga laut. ©https://www.knowingdaily.com/

arsipsumut.com

Fosil "naga laut" atauichthyosaurus dengan panjang sekitar 10 meter ditemukan di sebuah waduk di Inggris. Ini merupakan contoh predator terbesar yang ditemukan di Inggris yang menjelajah lautan pada masa dinosaurus.

Dikutip dari laman Knowing Daily, Jumat (21/10), naga laut ini merupakan fosil paling besar dan lengkap yang pernah ditemukan di Inggris. Ini juga diyakini sebagaiichthyosaurus dari spesies Temnodontosaurus trigonodon pertama yang ditemukan di negara tersebut.

Pada Februari 2021, Joe Davis, ketua tim konservasi di Leicestershire and Rutland Wildlife Trust, menemukan seekor naga saat proses pengeringan rutin laguna untuk penataan lansekap ulang.

"Temuan ini menggembirakan," ujarnya.

"Luar biasa bisa mempelajari begitu banyak hal dari penemuan naga ini dan memikirkan bahwa fosil ini berenang di lautan di atas kita," lanjutnya.

"Sekarang, sekali lagi, Perairan Rutland merupakan surga bagi satwa liar lahan basah, meskipun dalam skala yang lebih kecil."

Sementara itu, Dr. Dean Lomax, ahli paleontologi Universitas Manchester mengaku bangga bisa memimpin penggalian fosil tersebut. Dia telah meneliti ribuan ichthyosaurus.

"Inggris adalah tempat lahirnya ichthyosaurus, fosil mereka telah ditemukan di sini selama lebih dari 200 tahun," ujarnya.

Kurator dinosaurus di Natural History Museum London, Dr. David Norman mengatakan ini merupakan penemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Salah satu dari penemuan terbesar dalam sejarah paleontologi Inggris," jelas Norman dalam pernyataannya.

Fosil naga laut ini sedang diteliti dan dikonservasi di lokasi rahasia di Shropshire, tapi diperkirakan akan dikembalikan ke Rutland untuk dipamerkan secara permanen. [pan]

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال