Fitur Baru Call Links pada WhatsApp, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Fitur Baru Call Links pada WhatsApp, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?
Ilustrasi WhatsApp. shutterstock.com

arsipsumut.com

WhatsApp telah meluncurkan fitur baru bernama Call Links. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan panggilan suara grup ataupun panggilan video grup hanya dengan meng-klik pada tautan yang dibagikan.

Fitur WhatsApp Call Links sebelumnya memang telah diumumkan Mark Zuckerberg, CEO Meta melalui akun Facebooknya.

"Kami mengeluarkan Call Links di WhatsApp, dimulai dari pekan ini sehingga Anda bisa membagikan link untuk memulai panggilan dengan satu ketukan. Kami juga mengetes panggilan video terenkripsi hingga 32 orang. Akan ada lebih banyak lagi," katanya.

Mendukung panggilan video dan audio terenkripsi, fitur ini juga mendukung jumlah partisipan hingga 32 orang. Hal ini membuat WhatsApp bersaing dengan layanan video conference lainnya seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft.

Meski demikian, WhatsApp masih kalah dari segi dukungan jumlah partisipan bila disandingkan dengan Google Meet yang mampu menampung hingga 100 orang atau Zoom dengan 300 orang. WhatsApp terbilang unggul dari segi durasi panggilan yang tidak terbatas ketimbang komptetitornya yang membatasi durasi panggilan kepada akun gratisan.

Salah satu kekurangan lain dari WhatsApp Call Link adalah pengguna belum bisa melakukan penjadwalan untuk panggilan menggunakan tautan tersebut.

Untuk menggunakan fitur WhatsApp Call Links, pengguna dapat membuka tab Calls yang ada di aplikasi WhatsApp lalu pilih opsi "Creat Call Link."

Setelah memilih opsi tersebut, tautan Call Links akan terbentuk dan pengguna WhatsApp dapat membagikannya ke keluarga, teman, atau kerabat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال