Dua Kandidat Tuan Rumah Piala Asia 2023, Indonesia Tersingkir

Dua Kandidat Tuan Rumah Piala Asia 2023, Indonesia Tersingkir
Logo AFC Asian Cup 2023. Foto : AFC

arsipsumut.com

Federasi sepak bola Asia atau AFC menyatakan telah mempunyai dua kandidat kuat yang akan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Dari dua kandidat, nama Indonesia tidak masuk dalam bursa persaingan. 

AFC telah memutuskan untuk mencoret Indonesia dari bursa pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023. Kepastian soal tersingkirnya Indonesia itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal atau Sekjen AFC, Datuk Windsor Paul John.

Dia mengatakan penentuan tuan rumah Piala Asia 2023 akan dibahas dalam rapat anggota Komite Eksekutif atau Exco AFC dan ditentukan lewat pemungutan suara.

Windsor menyatakan sejauh ini negara yang menjadi kandidat tuan rumah Piala Asia 2023 ialah  Qatar dan Korea Selatan. “Kami belum mengambil keputusan. Semua itu akan diputuskan dalam rapat Senin yang akan datang,” ujar Windsor Paul seperti dikutip dari Harian Metro.

“Pada sore harinya, mungkin kami akan mengeluarkan pernyataan mengenai negara mana yang dipilih sebagai tuan rumah (Piala Asia 2023),” kata dia. Selain itu, Windsor mengatakan bahwa Piala Asia 2023 tidak akan diselenggarakan pada tahun depan, tetapi pada Januari 2024.

“Kalau Korea Selatan yang terpilih akan menjadi tuan rumah pada Juli 2023 karena cuaca saat itu cocok untuk kompetisi yang tidak terlalu dingin atau terlalu panas,” kata Windsor. “Namun, kalau Qatar yang dipilih, Piala Asia 2023 akan digelar pada Januari 2024 karena cuaca saat itu tidak panas.” 

Turnamen Piala Asia 2023 semestinya diselenggarakan di Cina. Namun, Cina memutuskan mengundurkan diri sebagai tuan rumah karena masih menangani pandemi Covid-19.

Akhirnya, AFC membuka untuk negara-negara lain yang ingin mengikuti undian dengan berbagai persyaratan. Salah satunya ialah tim nasional dari negara tersebut lolos ke putaran final Piala Asia 2023. 

Indonesia termasuk salah satu negara yang mencoba mengikuti undian. Pasalnya, Timnas Indonesia yang diasuh Shin Tae-yong sudah memastikan diri melaju ke putaran final Piala Asia 2023. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال