Cara Setting Peringatan Situs Tak Aman untuk Password di Windows 11

Cara Setting Peringatan Situs Tak Aman untuk Password di Windows 11
Ilustrasi. Sejumlah cara aman bagi pemakai Windows 11. (dok. Microsoft)

arsipsumut.com

Pengguna Windows 11 bakal diingatkan jika memasukkan kata sandi di situs atau aplikasi yang tidak aman.

Hal itu dimungkinkan lewat fitur keamanan baru, Enhanced Phishing Protection, yang memperingatkan pengguna ketika memasukkan kata sandi Windows di aplikasi yang tidak aman.

Dikutip dari BleepingComputer, kredensial Windows dinilai sangat berharga bagi peretas karena memungkinkan mereka mengakses jaringan internal perusahaan dan melanjutkannya dengan pencurian data atau serangan ransomware.

Kata sandi ini biasanya diperoleh melalui serangan phising atau pengelabuan dari pengguna yang menyimpan kata sandi di aplikasi yang tidak aman, seperti pengolah kata, teks editor, dan spreadsheet.

Enhanced Phishing Protection nantinya memperingatkan pengguna ketika mereka memasukkan kata sandi Windows mereka di situs web atau memasukkannya ke dalam aplikasi yang tidak aman. Fitur baru ini hanya tersedia di Windows 11 22H2, dan tidak diaktifkan secara default.

Bagaimana cara menyetingnya?

Untuk mengaktifkannya password di Windows 11 langkah pertama buka Start > Settings > Privacy & security > Windows Security > App & browser control > Reputation-based protection settings.

Di bawah bagian Phishing protection, pengguna akan melihat dua opsi baru berlabel 'Peringatkan saya tentang penggunaan ulang sandi' dan 'Peringatkan saya tentang penyimpanan sandi yang tidak aman.'

Saat diaktifkan, opsi 'Peringatkan saya tentang penggunaan kembali kata sandi' akan membuat peringatan akan tampil saat Anda memasukkan kata sandi Windows di situs web, baik itu situs phising atau situs yang sah.

Kemudian pada opsi 'Peringatkan saya tentang penyimpanan kata sandi yang tidak aman' akan memperingatkan Anda saat Anda mengetikkan kata sandi ke dalam aplikasi seperti Notepad, Wordpad, dan Microsoft Office, lalu tekan enter.

Dikutip ZDNet, untuk melindungi kata sandi Anda, beri tanda centang di kedua opsi untuk mengaktifkannya. Saat Anda mengaktifkan setiap opsi, Windows 11 akan menampilkan prompt UAC, yang harus Anda terima.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال