.Feast Protes Lagunya Dipakai Partai NasDem untuk Video Anies

.Feast Protes Lagunya Dipakai Partai NasDem untuk Video Anies
Band .Feast meminta Partai NasDem ganti rugi usai intro lagu Gugatan Rakyat Semesta disebut dipakai tanpa izin dalam video cuplikan pidato Anies Baswedan. (dok: Sun Eater)

arsipsumut.com

Band .Feast mengajukan protes kepada Partai Nasional Demokrat (NasDem) karena menggunakan lagu Gugatan Rakyat Semesta. Band .Feast menyebut lagu itu dipakai tanpa izin.

Potongan intro lagu itu digunakan sebagai musik latar dalam salah satu video berisi cuplikan pidato Anies Baswedan yang kemudian diunggah ke berbagai akun resmi media sosial Partai NasDem, mulai dari Twitter hingga Instagram.

"Kami sama sekali tidak pernah mengizinkan lagu kami dipakai untuk keperluan politik," tulis .Feast via akun Twitter @listentofeast, Rabu (19/10).

"Kami menginginkan secepatnya materi diturunkan dan secepatnya diurus untuk ganti rugi secara materiil, dikarenakan pelanggaran hak moral juga hak ekonomi lagu kami @NasDem," lanjutnya.

Video berdurasi 18 detik itu menampilkan cuplikan pidato Anies Baswedan, calon presiden yang diusung oleh Partai NasDem. Dalam video tersebut, Anies tengah menekankan pentingnya masyarakat terlibat dalam politik.

Ia juga mengucapkan 'wis wayahe melu politik', kalimat berbahasa Jawa yang berarti sudah waktunya ikut terlibat dalam politik. Cuplikan pidato itu kemudian dibalas sindiran oleh .Feast yang mengatakan sudah waktunya bagi Partai NasDem untuk izin lebih dahulu sebelum memakai lagu.

"Wis wayahe kalau mau pake lagu izin dulu @NasDem," cuit .Feast.

CNNIndonesia.com sudah mendapat izin dari .Feast untuk mengutip unggahan tersebut.

.Feast Protes Lagunya Dipakai Partai NasDem untuk Video Anies

Sekitar sejam kemudian, Partai NasDem meminta maaf telah menggunakan lagu karya .Feast untuk video tersebut tanpa izin. Mereka pun menjanjikan akan menghapus konten tersebut. Meski begitu, .Feast tetap mengingatkan akan ganti rugi pemakaian lagu itu.

"Kami mengucapkan permohonan maaf, karena menggunakan materi sounds tanpa izin terlebih dahulu. Konten akan kami turunkan," kicau Partai NasDem.

"Iya. Tinggal ganti rugi jangan lupa," balas .Feast.

.Feast Protes Lagunya Dipakai Partai NasDem untuk Video Anies

Gugatan Rakyat Semesta merupakan salah satu single .Feast dari mini album Abdi Lara Insani alias Ali. Album yang dirilis pada April lalu disebut menjadi wadah bagi personel untuk menuangkan keresahan melalui tokoh bernama Ali.

"Ali adalah bentuk interpretasi dari kami atas tidak adanya sifat mutlak dari manusia. Tidak ada manusia yang benar-benar jahat dan tidak ada manusia yang benar-benar baik," terang Awan, bassist .Feast, menjelaskan kepada CNNIndonesia.com di sesi dengar Abdi Lara Insani, Kamis (21/4).

"Ali menjadi karakter yang menggambarkan pesan universal untuk semua pendengarnya," lanjutnya.

Sementara itu, .Feast merupakan band rock yang dibentuk pada 2012. Band tersebut beranggotakan Baskara (vokalis), Adnan (gitaris), Dicky (gitaris), Awan (bassist), dan Bodat (drummer).

Hingga saat ini .Feast baru memiliki satu album studio yang bertajuk Multiverse (2017), serta tiga album mini, yaitu Beberapa Orang Memaafkan (2018), Uang Muka (2020), dan Abdi Lara Insani (2022).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال