Sementara Diuji Coba, Thailand Bakal Punya Vaksin Covid-19 Sendiri dan Digunakan Mulai 2024

Sementara Diuji Coba, Thailand Bakal Punya Vaksin Covid-19 Sendiri dan Digunakan Mulai 2024
Ilustrasi vaksin Covid-19. Vaksin Covid-19 buatan Thailand akan selesai diuji coba dan diharapkan bisa mulai digunakan pada 2024. (Pixabay)

arsipsumut.com

Vaksin covid-19 buatan Thailand akan selesai diuji coba dan diharapkan bisa mulai digunakan pada 2024.

Mengutip Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand, wakil juru bicara pemerintah Traisuree Taisaranakul melaporkan kemajuan dalam belanja 995 juta baht (sekitar Rp 403,6 miliar) dari dana darurat pemerintah dalam anggaran nasional 2020 untuk pengembangan vaksin covid-19 secara lokal.

Pengembangan vaksin mRNA untuk Covid-19 oleh Universitas Chulalongkorn akan memasuki tahap ketiga uji klinis tahun depan.

Proses tersebut akan didahului dengan pendaftaran ke Administrasi Makanan dan Obat-Obatan dan dilanjutkan dengan penggunaan vaksin untuk orang-orang. Pendaftaran diharapkan pada tahun depan, kata Traisuree.

Sementara itu, Universitas Chulalongkorn dan Baiya Phytopharm Co sedang mengembangkan vaksin Baiya SARS-CoV2-Vax dari protein daun tembakau. Pendaftarannya untuk digunakan juga diharapkan pada 2024, ujar dia.

Selain itu, Organisasi Farmasi Pemerintah dan institut PATH Amerika Serikat akan memulai uji klinis ketiga dari vaksin NDV-HXP-S yang tidak aktif akhir tahun ini, dan harus didaftarkan untuk digunakan tahun depan, kata Traisuree.

Dia juga mengatakan bahwa Badan Pengembangan Sains dan Teknologi Nasional menguji vaksin Wuhan Ad-5 intranasal. Badan tersebut menemukan bahwa vaksin itu secara efektif merangsang antibodi pada hewan.

“Vaksin tersebut akan dikembangkan untuk mengatasi penyakit menular yang muncul di masa depan,” kata Traisuree.(jpc/fajar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال