Proses Wajib Militer di Korea Selatan, Begini Tahapan Ikut Wamil

Proses Wajib Militer di Korea Selatan, Begini Tahapan Ikut Wamil
Rain saat wajib militer. actuallyfashion.com

arsipsumut.com

Korea Selatan mengharuskan warga negaranya yang berjenis kelamin pria yang telah mencukupi umur untuk melakukan wajib militer (Wamil). Khususnya semua laki-laki dengan kondisi sehat dan berusia 18-28 tahun. Tak hanya laki-laki, perempuan juga diperkenankan untuk mendaftar Wamil dan biasanya dimasukkan ke bagian Korps Pelatihan Perwira Cadangan.

Seluruh pria di negeri ginseng yang telah mencukupi umur serta lolos pemeriksaan fisik dan mental, wajib menjadi tentara untuk melayani negara sesuai jangka waktu yang telah ditentukan.

Proses Mengikuti Wajib Militer di Korea Selatan

Dilansir dari repository.uksw.edu, proses persiapan untuk mengikuti wamil telah dilakukan saat pria Korea Selatan memasuki usia 18 tahun. Data mereka dimasukkan dalam golongan persiapan dinas militer. Saat mereka berusia 19 tahun, pria-pria ini akan dikirimi surat untuk melakukan pemeriksaan fisik dan mental untuk ditentukan apakah orang tersebut dapat mengikuti wamil atau tidak dalam waktu dan tempat yang ditentukan. 

Saat melakukan pemeriksaan, dokter khusus wamil ataupun perwira medis memberi rating kelayakan orang tersebut untuk menjalani dinas militer. Rating ini terdiri dari 7 level, semakin kecil angka level menunjukkan bahwa orang tersebut sehat dan layak untuk mengikuti dinas militer. 

Level 1 sampai level 3 artinya mereka layak untuk mengikuti dinas militer dan biasanya akan segera menerima surat panggilan untuk menjalani Wamil. Saat orang tersebut berada di level 4 biasanya mereka dialihkan ke golongan tambahan. Bagi mereka yang berada di level 5, mereka tidak dapat mengikuti Wamil sebagai yang aktif maupun tambahan, namun dapat dimasukkan dalam buruh masa perang.

Seseorang yang tidak memiliki gangguan penyakit maupun mental berada di level 6. Mereka yang berada di level 7, ialah orang-orang yang sulit diperiksa karena ada penyakit maupun gangguan fisik ataupun mental. Direktur urusan militer daerah harus memberikan pemeriksaan kembali pada orang yang mendapat rating level 7.

Kemudian direktur urusan militer daerah menentukan klasifikasi kompetensi yang diperlukan dalam dinas militer sesuai jurusan kualifikasi lisensi bagi tiap orang yang masuk dalam rating. Level 1 sampai 4 dan masing-masing staf pertahanan militer ditempatkan pada bidang yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Setelah menjalani pemeriksaan fisik dan mental, pria tersebut akan menunggu surat pemberitahuan dari Direktur urusan militer daerah yang berisi penugasan kewajiban dinas militer kepada orang yang diwajibkan, menggunakan jaringan informasi ataupun pos surat. Setelah menerima surat pemberitahuan mengenai kewajiban untuk melaksanakan dinas militer, orang itu wajib hadir untuk melaksanakan dinas militer pada tempat dan waktu yang sudah ditentukan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال