Profil Timnas Prancis, Juara Bertahan yang Mencoba Patahkan Kutukan di Piala Dunia 2022

Profil Timnas Prancis, Juara Bertahan yang Mencoba Patahkan Kutukan di Piala Dunia 2022
Para pemain Timnas Prancis diarak dengan bus terbuka menuju Istana Elysee usai menjuarai Piala Dunia 2018, Senin (16/7/2018). [Anadolu]

arsipsumut.com

Berikut profil Timnas Prancis di Piala Dunia 2022, sang juara bertahan yang akan mencoba mempertahankan gelarnya di tahun ini.

Timnas Prancis merupakan salah satu dari 32 tim yang akan berpartisipasi pada gelaran Piala Dunia 2022 Qatar November mendatang.

Tim berjuluk Les Bleus ini berhasil melangkah ke putaran final berkat kiprah apiknya di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Profil Timnas Prancis, Juara Bertahan yang Mencoba Patahkan Kutukan di Piala Dunia 2022
Presiden Prancis Emmanuel Macron (tengah) menyambut kepulangan para pemain Timnas Prancis yang menjuarai Piala Dunia 2018 di Istana Elysee, Paris, Senin (16/7/2018). [Anadolu]

Dalam partisipasinya ini, Timnas Prancis berhasrat mematahkan kutukan juara bertahan Piala Dunia dan kembali menggondol trofi Jules Rimet ke negaranya.

Sebagai informasi, Timnas Prancis dihantui kutukan juara bertahan Piala Dunia yang telah berlangsung sejak 2002 silam.

Setiap juara bertahan Piala Dunia sejak 2002, selalu berakhir di fase grup. Uniknya, hal itu dimulai sendiri oleh Timnas Prancis yang juara Piala Dunia 1998.

Karena menjadi pencetus lahirnya kutukan ini, Timnas Prancis pun berusaha mematahkan kutukan tersebut di Piala Dunia 2022 nanti.

Kebetulan Timnas Prancis berada di Grup D yang diisi oleh Australia, Denmark dan Tunisia. Di atas kertas, Les Bleus pun diprediksi bisa lolos dari fase grup.

Lantas bagaimana persiapan Timnas Prancis untuk Piala Dunia 2022? Bagaimana komposisi pemain, pelatih dan pemain kunci yang akan menjadi andalan Les Bleus kelak?

Kiprah Timnas Prancis di Piala Dunia

Timnas Prancis datang ke Qatar dengan status juara Piala Dunia 2018. Status ini membuat Les Bleus dijagokan sebagai kandidat juara Piala Dunia 2022.

Apalagi berkaca pada kiprah Timnas Prancis di Piala Dunia. Sejak partisipasi pertamanya pada 1930, Les Bleus mampu menjadi juara sebanyak dua kali dan rutin lolos dari fase grup.

Belum lagi dengan kiprah Timnas Prancis di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, yang berhasil lolos dengan status juara grup D dengan catatan 5 kemenangan dan 3 hasil imbang dari 8 laga.

Jika ditotal, Timnas Prancis telah melakoni 119 laga kualifikasi dengan torehan 70 kemenangan, 26 hasil imbang dan 23 kekalahan.

3 Pemain Kunci

Untuk Piala Dunia 2022 ini, Timnas Prancis akan memanggil para pemain terbaiknya guna mempertahankan gelar juara.

Nama-nama seperti Kylian Mbappe, Karim Benzema, dan N’Golo Kante akan menjadi andalan Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 nanti.

Status Mbappe dan Benzema sebagai juru gedor memang tak usah diragukan lagi karena keduanya memang lihai dalam mencetak gol.

Sedangkan sosok Kante akan kembali diandalkan di lini tengah untuk menambah keseimbangan dan menyolidkan pertahanan Prancis.

Pelatih: Didier Deschamps

Di Piala Dunia 2022 nanti, Didier Deschamps akan kembali memimpin Timnas Prancis seperti halnya saat Piala Dunia 2018 silam.

Pengalamannya membawa Prancis sebagai juara Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih membuat FFF selaku federasi sepak bola Prancis mempercayainya di tahun 2022 ini.

Apalagi, Deschamps belum lama ini mampu membawa Prancis menjuarai gelar kedua dalam kepelatihannya di Les Bleus, yakni UEFA Nations League 2021.

Daftar Pemain Timnas Prancis (per 13 Juni 2022)

Kiper:

Hugo Lloris
Mike Maignan
Alphonse Areola

Bek:

Benjamin Pavared
Presnel Kimpembe
Ibrahima Konate
Jules Kounde
Jonathan Clauss
William Saliba
Lucas Digne
Lucas Hernandez
Theo Hernandez

Gelandang:

N’Golo Kante
Aurelien Tchouameni
Christopher Nkunku
Paul Pogba
Boubacar Kamara
Adrien Rabiot
Matteo Guendouzi


Penyerang:

Antoine Griezmann
Wissam Ben Yedder
Kylian Mbappe
Karim Benzema
Kingsley Coman
Moussa Diaby

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال