Korban Tewas Gempa di China Bertambah Jadi 65, Ratusan Orang Cedera

Korban Tewas Gempa di China Bertambah Jadi 65, Ratusan Orang Cedera
Petugas membersihkan puing-puing bangunan yang berserakan di jalan raya akibat gempa bumi di Kabupaten Luxian, Provinsi Sichuan, China, Kamis (16/9). (ANTARA/HO-Xinhua)

arsipsumut.com

Korban tewas akibat gempa di China yang melanda provinsi Sichuan naik menjadi 65 orang pada Selasa, 6 September 2022. Tim penyelamat mengevakuasi ratusan orang yang terdampar dan mengirim bantuan darurat.

Hampir 250 orang dirawat karena cedera akibat bencana. Puluhan orang menderita luka serius, menurut media pemerintah China.

Tim penyelamat juga bekerja mengevakuasi lebih dari 200 orang yang terdampar di zona gempa di China, memulihkan layanan telekomunikasi dan listrik serta utilitas air. Selain itu tim mengirimkan pasokan makanan kepada penduduk yang terkena dampak gempa berkekuatan 6,8.

Gempa kuat melanda Sichuan setelah tengah hari pada hari Senin, dengan pusat gempa jauh di pedalaman pegunungan provinsi di barat. Gempa itu terasa hingga ke provinsi Shaanxi dan Guizhou, yang jauhnya hingga ratusan kilometer.

Pada Selasa, televisi pemerintah melaporkan lebih dari 200 orang masih terdampar di Hailuogou, tempat wisata populer yang dikenal dengan gletser, hutan hijau dan puncak yang menjulang. Tim penyelamat masih bekerja untuk membuka kembali jalan yang diblokir guna menjangkau korban. 

Di Luding, pusat gempa, infrastruktur listrik dan air serta telekomunikasi rusak parah, menurut televisi pemerintah. Sebanyak 243 rumah telah runtuh dan 13.010 rusak. Empat hotel dan ratusan rumah tinggal juga terkena dampak.

Gempa di China memutus aliran listrik ke beberapa kota, sementara berbagai jalan raya runtuh dan tujuh pembangkit listrik tenaga air berukuran kecil hingga menengah mengalami kerusakan. Hujan lebat diperkirakan akan berlangsung selama tiga hari ke depan. Pihak berwenang sedang mempertimbangkan menggunakan drone untuk memeriksa situasi di hulu Sungai Wandong, anak sungai utama Sungai Dadu. 

Gempa bumi biasa terjadi di Sichuan, terutama di pegunungannya yang merupakan daerah aktif secara tektonik. Gempa hari Senin adalah yang terbesar di Sichuan sejak Agustus 2017, ketika salah satu gempa berkekuatan 7,0 melanda prefektur Aba di utara Luding.

Dalam beberapa dekade terakhir, gempa di China paling dahsyat di Sichuan terjadi pada 2008. Saat itu gempa berkekuatan 8,0 di Wenchuan menewaskan hampir 70.000 orang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال