Inilah Pilar Timnas Indonesia Paling Ditunggu di Lanjutan BRI Liga 1 usai Tampil Ciamik pada FIFA Matchday

Inilah Pilar Timnas Indonesia Paling Ditunggu di Lanjutan BRI Liga 1 usai Tampil Ciamik pada FIFA Matchday
Timnas Indonesia - Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Persib Bandung (Bola.com/Adreanus Titus)

arsipsumut.com

Pelatih Shin Tae-yong menurunkan skuad terbaiknya saat Timnas Indonesia menundukkan Curacao 3-2 pada FIFA Matchday pertama di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/2022) malam WIB.

Di antara starting XI Timnas Indonesia, arsitek asal Korsel itu memasang enam pemain produk kompetisi domestik. Sedangkan lima sisanya berkarir di luar negeri. Shin juga melakukan beberapa pergantian pemain baik dari tempaan domestik dan luar negeri. 

Hasilnya sungguh luar biasa. Pencinta sepak bola nasional yang selama ini mengikuti kiprah para pemain Liga domestik dibuat kagum.

Mereka pun pasti tak sabar melihat kembali aksi penggawa Timnas Indonesia di lanjutan BRI Liga 1 2022/2023. Bola.com coba merangkum siapa saja anggota tim Merah-putih tersebut.

Trio Maung Bandung

Inilah Pilar Timnas Indonesia Paling Ditunggu di Lanjutan BRI Liga 1 usai Tampil Ciamik pada FIFA Matchday
Persib Bandung - Marc Klok, Frets Butuan, Ricky Kambuaya (Bola.com/Adreanus Titus)

Persib Bandung paling banyak mengirimkan anggota skuatnya tampil di laga Internasional tersebut. Mereka adalah Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto.

Tanpa mengurangi jasa anggota Timnas Garuda lainnya, trio Maung Bandung ini boleh dibilang tampil ciamik pada laga Internasional yang dimenangkan Indonesia dengan skor 3-2 itu.

Apalagi Marc Klok menyumbang satu gol sebagai penyeimbang skor 1-1 di awal babak pertama. Sedangkan Ricky Kambuaya juga tampil cukup bagus sebagai tandem Klok di lini tengah.

Rachmat Irianto bermain cantik di dua posisi berbeda. Irianto sangat lugas dan tenang sebagai libero dalam menghalau serangan striker Curacao.

Ketika Rizki Ridho masuk di babak kedua, Irianto pun didorong menjadi gelandang bertahan. Putra libero legenda Persebaya, Sugiantoro, ini sempat memiliki satu peluang mencetak gol ketika bermain satu sentuhan dengan M. Rafli.

Pantas bila pencinta sepak bola Indonesia menanti aksi Klok, Kambuaya, dan Irianto pada bigmatch klasik saat Persib menjamu seteru abadinya, Persija, pada pekan kesebelas BRI Liga 1 2021/2022 yang digelar 2 Oktober mendatang.

Jika Shin Tae-yong masih menurunkan ketiganya pada matchday kedua di Stadion Pakansari Bogor, 27 September nanti, mereka masih punya waktu empat hari recovery sebelum Persib bentrok dengan Macan Kemayoran.

Duo PSM Beda Rapor

Inilah Pilar Timnas Indonesia Paling Ditunggu di Lanjutan BRI Liga 1 usai Tampil Ciamik pada FIFA Matchday
Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri saat laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Penggila Timnas Indonesia pasti merasa puas dengan aksi-aksi yang dipamerkan Yakob Sayuri. Penyerang sayap ini tampil sama bagusnya ketika dia berbaju PSM di Liga 1.

Skill individu ditunjukkan Yakob Sayuri. Mulai kecepatan lari menyisir pinggir lapangan, mengelabui lawan dan menusuk hingga jantung pertahanan Curacao.

Yakob jadi solusi terbaik mengisi pos yang biasanya ditempati Asnawi Mangkualam yang malam itu absen, karena faktor kebugaran fisik.

Namun sayang nilai rapor bagus milik Yakob itu tak diikuti Ramadhan Sananta. Striker muda Juku Eja yang masuk menggantikan Dimas Drajad itu hanya bermain selama sepuluh menit.

Sepuluh menit yang cukup mengecewakan bagi debut Sananta bersama Timnas Indonesia. Makanya dia sempat menangis ketika ditarik keluar dan digantikan M. Rafli.

Kendati begitu masih ada kesempatan bagi Ramadhan Sananta, jika dia diberi waktu menit bermain lagi pada matchday kedua melawan Curacao pada 27 September nanti.

Jika pun tak dilagakan di pertandingan itu, aksi Sananta masih ditunggu kala PSM menghadapi Persis pada lanjutan Liga 1 di Solo, 29 September. Momen itu bisa pelampiasan kegagalan Sananta memikat Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Magis Marselino Ferdinan

Inilah Pilar Timnas Indonesia Paling Ditunggu di Lanjutan BRI Liga 1 usai Tampil Ciamik pada FIFA Matchday
Timnas Indonesia U-20 sukses membungkam Vietnam U-20 dalam laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Tenaga anak muda ini seakan tak ada habisnya. Setelah dia ikut membawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala AFC U-20, Marselino Ferdinan juga punya energi besar bersama Timnas senior.

Meski dia masuk sebagai pengganti, gelandang serang milik Persebaya ini memberi warna sendiri di babak kedua. Aksi individu dan kolektif dengan pemain lain sungguh memukau. Bahkan Marselino harus jatuh bangun akibat terjangan pemain Curacao.

Tampaknya pula, stamina pemain asal NTT ini sangat cukup ketika Persebaya melakoni derby Jatim bergengsi kontra Arema FC pada 1 Oktober nanti.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال