Harga BBM Naik, Sandiaga Sarankan Pengusaha Beralih ke Mobil Listrik

Harga BBM Naik, Sandiaga Sarankan Pengusaha Beralih ke Mobil Listrik
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat wawancara dengan Tempo di kantornya, Jakarta, Selasa, 6 September 2022. Saat ini, Elon Musk masih dalam tahap proses diundang untuk acara tersebut. Sandiaga masih belum bisa memastikan apakah Elon Musk akan betul-betul bisa datang atau tidak untuk memberikan kuliah umum terhadap para perwakilan mahasiswa itu. TEMPO/Tony Hartawan

arsipsumut.com

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno membagikan sejumlah tips ke pelaku usaha ekonomi kreatif agar bisnisnya tetap berjalan meski ada kenaikan harga BBM. 

Salah satu yang bisa dilakukan dalam memangkas biaya operasional adalah mengganti mobil yang biasa digunakan sehari-hari ke mobil dengan cc yang paling rendah. Bahkan, tak tertutup kemungkinan untuk mengganti mobil operasional dengan mobil listrik.

Ia mencontohkan pada saat kenaikan harga BBM pada tahun 2005 lalu, para pengusaha muda menyiasati dengan mengganti jenis mobil operasionalnya. "Yang dulu punya mobil cc-nya tinggi, akhirnya beralih ke mobil yang cc-nya lebih rendah," kata Sandiaga, saat wawancara dengan Tempo di kantornya, Rabu, 7 September 2022.

Khusus untuk mobil operasional, Sandiaga berpendapat, pada tahun ini mungkin para pengusaha bisa mulai beralih menggunakan mobil listrik agar tak lagi harus pusing ketika mengisi BBM. Stasiun pengisian listriknya pun bisa dilakukan di rumah.

"Yang bisa disikapi adalah isi (listrik) di rumah. Kemarin kita dapat breafing dari PLN, sangat dimungkinkan, walau ada stasiun-stasiun yang pengisiannya dengan cepat," ujar Sandiaga.

Selain menekan biaya operasional yang tidak perlu, kata Sandiaga, perlu upaya memperluas jaringan pasokan, sehingga biaya produksi bisa ditahan. Tips ini mudah dipraktikkan juga bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah pebisnis mengganti seragam dalam bekerja dari yang selalu memakai jas menjadi hanya pakai batik. Dengan begitu, penggunaan pendingin ruangan tidak lagi menjadi mendesak digunakan.

Lebih jauh ia menyebutkan produk-produk ekonomi kreatif di Indonesia tak dapat dipungkiri bakal terimbas kebijakan kenaikan harga BBM.

Dari hitung-hitungannya dengan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, Sandiaga memperkirakan harga-harga produk ekonomi kreatif akan naik di kisaran 10-20 persen akibat dampak dari kenaikan harga BBM, termasuk BBM bersubsidi, seperti Pertalite dan Solar.

"Begitu diumumkan harganya (kenaikan harga BBM), di prediksi peningkatan harga produk-produk ekraf, kuliner, dan sebagainya di kisaran 10-20 persen," kata Sandiaga. 

Karena besarnya potensi kenaikan harga ini, pemerintah berusaha mengantisipasinya dengan cara menjaga daya beli masyarakat. Salah satunya melalui pemberian bantalan sosial yang dianggarkan Rp 24,17 triliun sebelum kenaikan harga BBM diumumkan.

"Nah kalau kita bisa mengawal ini, tidak terlalu meningkat secara signifikan. Harapan saya turunnya permintaan itu juga tidak di atas 20 persen," kata Sandiaga.

Agar menjaga supaya harga-harga jual produk-produk ekonomi kreatif itu tidak melejit terlalu tinggi akibat naiknya harga BBM, Sandiaga menyatakan sudah memberikan banyak tips kepada para pelaku usahanya, termasuk para pelaku usaha di sektor pariwisata.

"Kami hadir beri solusi, kami sampaikan bahwa pengalaman kenaikan lalu di 2014 dan di 2004-2005 bisa jadi pemecahan. Saya beri tips mengelola usaha kita itu lebih hemat biaya," ujar Sandiaga.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال