FIFA Matchday: Profil Timnas Curacao, Akrab Dengan Sepak Bola Belanda

FIFA Matchday: Profil Timnas Curacao, Akrab Dengan Sepak Bola Belanda
Timnas Curacao. Foto : Instagram

arsipsumut.com

Timnas Indonesia akan menjalani dua laga uji coba internasional atau FIFA matchday pada September 2022. Timnas Curacao akan menjadi lawan skuad Garuda yang diasuh pelatih Shin Tae-yong.

Pertandingan akan dimainkan pada 24 September 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung. Kemudian laga kedua akan berlangsung di Stadion Pakansari, tiga hari kemudian.

Untuk mempersiapkan laga tersebut, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 23 pemain. Mereka sudah menjalani latihan di Stadion Sidoling, Bandung, Senin, 19 September 2022. 

"Seperti apa yang dilihat, latihan hari ini hanya pemulihan saja dan perkenalan dulu antar pemain. Jadi pemanasan saja," kata Shin Tae-yong," kata Shin dikutip dari laman PSSI. 

Profil Timnas Curacao

Curacao merupakan negara dari Kepulauan Karibia yang menempati peringkat ke-84 dari federasi sepak bola dunia atau FIFA. Negara ini pernah menjadi bagian dari Belanda yang bernama Antillen Belanda. Kemudian pada 2010, negara Curacao memisahkan diri dari Belanda. 

Federasi Sepak Bola Curacao atau dalam bahasa Belandanya Curaçaose Voetbal Bond (CVB) didrikan pada 1921. Dikutip dari laman Federasi Sepak Bola Curacao, pada 1926 Timnas Curacao menggelar pertandingan melawan, Haiti, Jamaika, dan Republik Dominica. 

Tahun 1932, Curacao menjadi anggota FIFA dan berada di zona CONCACAF. Pada tahun 1977 CVB berubah nama menjadi Curaçao Football Federation in Papiamentu (FFK). Meski negara ini jarang terdengar sepak bolanya namun sudah memiliki prestasi.

Pada 2017, Curacao menjadi juara di Turnamen Piala Karibia usai menang 2-1 atas Jamaika. Tahun 2019, negara berpenduduk 155 ribu jiwa ini berhasil mencapai babak perempatan final di Piala Emas CONCACAF. 

Meski sepak bola Curacao kurang terdengar di dunia namun ternyata pernah dilatih oleh pelatih populer asal Belanda, Patrick Kluivert dan Guus Hiddink. Kluivert menjadi pelatih pada 2015-2016. Sedangkan Hiddink pada 2020-2021 saat pandemi Covid-19. Kini, dikutip dari laman FIFA, pelatih Curacao adalah Art Langeler dari Belanda. 

Beberapa pemain dari Timnas Curacao ini merumput di Eropa. Misalnya Juninho Bacuna yang bermain di Championship Liga Inggris bersama Birmingham City. Di musim 2022-2023 ini pemain berposisi gelandang serang tersebut sudah tampil 10 kali dan memberikan tiga assist. 

Pemain yang memiliki caps terbanyak untuk Curacao adalah Cuco Martina yang kini bermain di Southampton dengan 51 kali. Sedangkan pencetak gol terbanyak adalah Leandro Bacuna dengan 14 gol. 

Dengan diperkuat pemain-pemain yang merumput di Eropa laga Timnas Indonesia vs Curacao layak untuk disaksikan. 

Profil

Nama Federasi : Curaçao Football Federation in Papiamentu (FFK)

Julukan: La Pantera Azul

Konfederasi: CONCACAF

Rangking FIFA: 84 (25 Agustus 2022)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال