Deretan Pemain Termuda yang Debut di Liga Inggris

Deretan Pemain Termuda yang Debut di Liga Inggris
Pemain Arsenal Ethan Nwaneri. REUTERS/David Klein

arsipsumut.com

Manajer Arsenal, Mikel Arteta, membuat gebrakan kala skuadnya bertemu Brentford dalam lanjutan Liga Inggris. Menjelang akhir laga, ia menurunkan pemain muda Ethan Nwaneri.

Usai pertandingan yang dimenangkan Arsenal dengan skor 3-0 tersebut, sosok Ethan menjadi perhatian publik. Ternyata dia menjadi pemain paling muda dalam sejarah sepak bola Inggris yang memulai debut di Premier League.  

Kehadiran pemain muda dalam skuad Arsenal bukan hal baru. Klub asal London tersebut memang dikenal sebagai tim yang kerap melahirkan pemain-pemain muda di era manajer Arsene Wenger.

Lebih lanjut, ternyata bukan hanya Ethan Chidiebere Nwaneri yang tercatat sebagai pemain termuda di Liga Inggris. Berikut deretan pemain muda tersebut. 

1. Ethan Nwaneri

Ethan Nwaneri baru saja mematahkan rekor yang dipegang Harvey Elliott sebagai pemain termuda yang pernah tampil di Liga Inggris (Premier League). Rekor tersebut dia torehkan ketika masuk sebagai pemain pengganti saat Arsenal mengalahkan Brentford dalam laga tandang, 18 September 2022. Dalam debutnya di Liga Inggris tersebut, Ethan Nwaneri tampil dalam usia yang sangat muda, yakni 15 tahun, 181 hari.

2. Harvey Elliott

Harvey Elliott saat ini semakin mendapatkan tempat dalam starter Liverpool asuhan Jurgen Klopp. Bermain sebagai gelandang, dia mendapatkan kepercayaan Jurgen Klopp sepanjang musim ini.

Namanya menarik perhatian pada awal Januari 2020 saat bersama Liverpool mengalahkan Sheffield United. Ketika itu, usia Harvey Elliott masih 16 tahun, 38 hari yang membuatnya menjadi pemain termuda sebelum rekor ini dipatahkan oleh Ethan Nwaneri.

3. Matthew Briggs

Di posisi ketiga ada Matthew Briggs yang mencatatkan rekor termuda tampil di Liga Inggris dalam usia 16 tahun, 68 hari. Momen itu terjadi pada 13 Mei 2007 ketika membela Fulham. Dalam pertandingan tersebut, timnya mengalami kekalahan 1-3.

Matthew Briggs menjadi perhatian ketika itu. Namun, kariernya ternyata tidak berjalan bagus di level ini karena kemudian namanya menghilang dari peredaran setelah dipinjamkan ke sejumlah klub.

4. Izzy Brown

Tidak berbeda dengan Matthew Briggs, situasi yang sama tampaknya dialami oleh Izzy Brown. Pemain yang kini masih berusia 25 tahun saat ini justru tanpa klub. Preston North End merupakan klub terakhirnya.

Kontraknya tidak lagi diperpanjang. Nama Izzy Brown menjadi perhatian ketika dia tampil bersama West Bromwich Albion sebagai pemain paling muda dalam sejarah Liga Inggris, ketika itu.

Tepatnya pada 4 Mei 2015 saat menghadapi Wigan. Usia Izzy Brown ketika itu adalah 16 tahun, 117 hari.

5. Aaron Lennon

Aaron Lennon pemain muda yang bersinar ketika bermain di Leeds United. Ia memulai debut di Liga Inggris pada 23 Agustus 2003 ketika Leeds menghadapi Tottenham Hotspur. Usia Aaron Lennon ketika itu adalah 16 tahun, 129 hari. Karier Aaron Lennon selanjutnya justru di Tottenham Hotspur.

Kariernya boleh dibilang menanjak bersama Tottenham. Total, 226 laga Liga Inggris dimainkan Aaron Lennon untuk Tottenham, sejak 2015. Aaron Lennon kini salah satu pemain yang belum lagi memiliki klub setelah meninggalkan Burnley pada 2022 ini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال