DCI Indonesia Siap Bangun Gedung Pusat Data di Tiga Lokasi Ini

DCI Indonesia Siap Bangun Gedung Pusat Data di Tiga Lokasi Ini
Ilustrasi data center. [Shutterstock]

arsipsumut.com

PT DCI Indonesia Tbk berencana melanjutkan ekspansi melalui pembangunan gedung pusat data di beberapa lokasi.

Langkah ini sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas layanan pusat data.

Menurut Toto Sugiri, Presiden Direktur PT DCI Indonesia Tbk, DCI secara konsisten akan terus memenuhi kebutuhan data center colocation dengan kualitas layanan terbaik.

"Kami telah dipercaya oleh para pelaku bisnis yang tercermin secara positif dalam pembukuan dengan profitabilitas yang sehat di tengah tingginya kompetisi di industri pusat data Indonesia," ujarnya saat jumpa pers virtual, Rabu (31/8/2022).

Lokasi yang menjadi sasaran ekspansi DCI yang memiliki standar operasional global diantaranya:

  • DCI Hyperscale 1 di Cibitung dengan power capacity lebih dari 300 Megawatt (MW) yang menggunakan gas power plant sebagai sumber energi.
  • DCI Hyperscale 2 di Karawang dengan power capacity lebih dari 600 MW dan untuk kedepannya akan mampu menghasilkan renewable energy lebih dari 30 MW.
  • DCI Hyperscale 3 di Bintan dengan power capacity lebih dari 1.000 MW yang saat ini sedang dalam proses perencanaan. Site Bintan ini sendiri akan menjadi salah satu green data center yang akan menggunakan renewable energy sebagai sumber power utama.

DCI Indonesia Siap Bangun Gedung Pusat Data di Tiga Lokasi Ini
DCI Indonesia mengurangi emisi karbon. [PT DCI Indonesia]

Selain itu, perseroan telah mengoperasikan lima gedung pusat data dengan total kapasitas 52 MW.

“Tidak dapat dipungkiri, pelaku bisnis pusat data memiliki peranan penting dalam upaya mengurangi emisi karbon (CO2) di Indonesia," katanya.

Salah satu bukti nyata DCI untuk meningkatkan efisiensi dalam menjalankan operasional pusat data dengan mengimplementasikan teknologi artificial intelligence (AI) dan menerapkan hyperscale design yang efisien.

Toto Sugiri optimis, melalui berbagai inisiatif pembangunan berkelanjutan yang dilakukan oleh DCI dapat menginspirasi para pelaku usaha lain untuk bersama-sama mengurangi emisi karbon.

Dalam memperkuat komitmen tersebut, perseroan menunjuk ECOVADIS sebagai pihak independen yang berwenang untuk melakukan asesmen terhadap penerapan lingkungan keberlanjutan oleh Perseroan.

"Kedepannya DCI akan terus memberikan nilai tambah lebih banyak untuk kepuasan pelanggan dengan inovasi yang terus dikembangkan seperti layanan total solusi infrastruktur IT dengan total biaya yang lebih efisien yang berlandaskan operational excellence.” pungkas Toto Sugiri.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال