BMKG: Gempa Magnitudo 7,6 Guncang Meksiko di Zona Megathrust

BMKG: Gempa Magnitudo 7,6 Guncang Meksiko di Zona Megathrust
Seismograf gempa bumi. ANTARA/Shutterstock/pri

arsipsumut.com

Gempa dengan magnitudo 7,6 mengguncang pantai Pasifik tengah Meksiko pada hari Senin, 19 September 2022, waktu setempat menewaskan sedikitnya satu orang.

Menurut Survei Geologi AS yang awalnya menyatakan magnitudo 7,5, gempa itu berpusat 37 kilometer tenggara Aquila dekat perbatasan negara bagian Colima dan Michoacan pada kedalaman 15,1 kilometer.

Plt. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, juga mencuit kabar gempa besar tersebut pada media sosial milik disertai tangkapan layar analisis gempa.

“Gempa M7,6 yang guncang Meksiko pagi dini hari tadi Selasa 20 September 2022 pukul 01.05 WIB atau pukul 13.05 (waktu lokal) berpusat di darat dekat Pantai Pasifik Meksiko dipicu deformasi batuan di zona megathrust subduksi Lempeng Laut Cocos yang menunjam ke bawah Lempeng Amerika Utara,” cuitnya.

Korban dan Kerusakan

Presiden Andrés Manuel López Obrador mengatakan melalui Twitter bahwa Angkatan Laut mengatakan kepadanya bahwa satu orang tewas di kota pelabuhan Manzanillo, Colima ketika sebuah tembok di sebuah mal runtuh.

Di Coalcoman, Michoacan, dekat pusat gempa, bangunan rusak, tetapi tidak ada laporan korban luka. “Itu dimulai perlahan dan kemudian sangat kuat dan berlanjut dan berlanjut sampai mulai mereda,” kata Carla Cárdenas, 16 tahun, penduduk Coalcoman. Cárdenas berlari keluar dari hotel keluarganya dan menunggu dengan tetangga.

Dia mengatakan hotel dan beberapa rumah di sepanjang jalan menunjukkan retakan di dinding dan bagian fasad dan atap telah patah. “Di hotel, atap area parkir menggelegar dan jatuh ke tanah, dan ada retakan di dinding di lantai dua,” kata Cárdenas.

Dia mengatakan rumah sakit kota itu rusak parah, tetapi sejauh ini dia tidak mendengar ada orang yang terluka.  

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال