Android 14 Akan Punya Teknologi untuk Hubungkan Ponsel ke Satelit

Android 14 Akan Punya Teknologi untuk Hubungkan Ponsel ke Satelit
Sekelompok satelit Starlink berhasil dipotret saat melintas di atas Kota Leiden, Belanda pada 24 Mei 2019. [AFP/Marco Langbroek]

arsipsumut.com

Google pada pekan ini mengatakan bahwa sistem operasi Android 14 akan menyokong teknologi yang bisa menghubungkan ponsel langsung ke satelit penyedia jasa internet.

Pengembangan ini diungkap oleh Hiroshi Lockheimer, Wakil Presiden Senior Google bidang platform dan ekosistem lewat sebuah cuitan di Twitter.

Ia mengatakan kini tim pengembangan Andorid sedang mendesain teknologi yang bisa membuat ponsel langsung terhubung dengan satelit untuk mengakses internet.

Android 14 sendiri kabarnya akan diluncurkan pada pertengahan atau akhir 2023, demikian diwartakan 9to5Google pada Kamis (1/9/2022).

Meski demikian, Lockheimer mengatakan bahwa konektivitas dan kecepatan yang dalam teknologi baru ini diperkirakan akan lebih lambat ketimbang teknologi 4G atau 5G.

Karenanya teknologi baru ini akan banyak digunakan untuk kebutuhan darurat, seperti di tengah bencana alam atau di area pelosok yang tidak terjangkau infrastruktur telekomunikasi konvesional.

Sebelumnya pada akhir Agutus, SpaceX yang memiliki layanan internet berbasis internet Starlink dan operator seluler Amerika, T-Mobile mengumumkan rencana untuk menyediakan koneksi internet langsung ponsel ke satelit.

Versi beta dari teknologi baru ini diperkirakan akan tersedia pada akhir 2023 mendatang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال