10 Penyebab iPhone Panas dan Cara Mengatasinya

10 Penyebab iPhone Panas dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi. Ada beragam penyebab iPhone panas, mulai dari suhu ruangan, banyaknya aplikasi berjalan, hingga kerusakan baterai. Berikut penjelasannya. (Foto: istockphoto/hocus-focus)

arsipsumut.com

Pengguna iPhone mungkin sesekali pernah mengeluhkan ponselnya terasa panas. Bahkan, panasnya sampai membuat tangan tidak nyaman untuk memegangnya.

Melansir situs resmi Apple, ada banyak penyebab iPhone panas. Salah satunya bisa karena Anda sedang berada di luar ruangan dengan suhu yang panas.

Panas dari matahari rupanya bisa mengalir ke iPhone, sehingga mendadak jadi panas. Saat iPhone panas karena hal ini, maka akan keluar notifikasi peringatan suhu iPhone.

Penyebab iPhone cepat panas lainnya juga bisa karena Anda sedang melakukan panggilan video (video call). Ini karena hp tengah bekerja ekstra, khususnya daya baterai dan data seluler yang tengah tersedot.

Apalagi jika video call dilakukan dalam waktu yang lama dan hp sambil diisi dayanya. Hal ini membuat kinerja iPhone jadi bertambah berat, sehingga membuat baterai jadi panas dan mengalir ke seluruh permukaan Hp.

Penyebab iPhone Panas

10 Penyebab iPhone Panas dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi. Ada beragam penyebab iPhone jadi panas ketika digunakan. (Foto: iStockphoto/by sonmez)

Berikut 10 penyebab ponsel iPhone Anda panas ketika digunakan.

1. Digunakan di luar ruangan dengan suhu panas tinggi

Penyebab utama biasanya karena menggunakan iPhone di luar ruangan dengan suhu panas tinggi.

Padahal, iPhone seharusnya digunakan di dalam maupun luar ruangan dengan suhu antara 0-35 derajat Celcius saja. Jika lebih dari itu, maka panas udara akan membuat iPhone ikut panas.

Penggunaan iPhone di suhu yang panas akan membuat hp ikut panas. Lama-kelamaan, pengisian baterai menjadi lebih lama.

Selain itu, tampilan layar iPhone meredup, sinyal melemah, kinerja hp yang melamban, bahkan baterai rusak permanen.

2. iPhone digunakan saat isi daya

Penyebab iPhone panas saat dicas alias isi daya biasanya karena sambil digunakan. Idealnya, istirahatkan iPhone saat isi daya. Lalu pakai ketika pengisian daya sudah selesai dilakukan.

3. Isi daya dengan wireless charging

Pengisian daya secara nirkabel atau wireless charging juga bisa membuat iPhone jadi cepat panas. Untuk itu, jika tidak dalam kondisi terdesak sebaiknya isi daya hp dengan charger kabel.

4. Banyak aplikasi berjalan bersamaan

10 Penyebab iPhone Panas dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi. Salah satu penyebab iPhone panas adalah banyaknya aplikasi yang dibuka dan berjalan bersamaan (Foto: iStockphoto/grinvalds)

Penyebab iPhone cepat panas berikutnya bisa jadi karena terlalu banyak aplikasi berjalan. Misalnya, Anda membuka Instagram, Twitter, YouTube, sampai beberapa aplikasi game sekaligus.

Setelah digunakan, aplikasi tersebut tidak ditutup sehingga kinerja iPhone tetap tersedot untuk menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut. Alhasil, baterai akan tersedot dengan cepat dan membuat iPhone panas.

5. Streaming video berkualitas tinggi

Penyebab iPhone panas selanjutnya adalah streaming video berkualitas tinggi. Hal ini meningkatkan penggunaan baterai secara drastis.

Begitu juga dengan data seluler, sehingga iPhone jadi cepat panas. Apalagi jika streaming video dilakukan dalam durasi yang cukup lama.

Streaming video ini berlaku juga pada video call. Jika dilakukan terlalu lama, iPhone bisa menjadi panas.

6. Main game terlalu lama

Tak hanya streaming video berkualitas tinggi, penggunaan aplikasi permainan atau game terlalu lama juga menyedot daya baterai dan data seluler.

7. Buka aplikasi GPS terlalu lama

Terkadang saat sedang dalam perjalanan, pengguna mungkin membuka aplikasi navigasi atau GPS sebagai penunjuk jalan maupun mencari rute-rute alternatif.

Penggunaan aplikasi ini juga menyedot data seluler dan daya baterai. Apalagi jika digunakan dalam waktu yang cukup lama. iPhone pun akan berubah menjadi panas.

8. Software iPhone belum update

Penyebab iPhone panas berikutnya adalah perangkat lunak alias software iPhone belum diperbaharui (update) sesuai dengan versi terbaru.

Hal ini bisa memengaruhi kinerja atau kemampuan iPhone dalam menjalankan berbagai aplikasi.

9. Penggunaan pertama kali dan pemulihan data

Saat baru pertama kali digunakan, iPhone juga bisa berubah jadi panas. Sebab, sistem yang sebelumnya tidak bekerja, kini mulai aktif beroperasi.

Penyebab lain karena pemulihan data di dalam Hp. Misalnya, iPhone baru saja rusak selama beberapa saat, lalu diperbaiki dan dilakukan pemulihan data.

Hal ini memakan daya baterai yang cukup besar, sehingga bisa menjadi penyebab iPhone panas.

10. Kerusakan pada baterai

iPhone juga bisa panas jika baterai sudah terlanjur rusak. Pasalnya, baterai yang rusak membuat iPhone tidak bisa bekerja maksimal.

Dengan begitu, ketika sistem beroperasi, daya yang tersedot justru bisa semakin besar. Di sisi lain, baterai yang sudah rusak membuat dayanya lebih mudah drop, sehingga berakhir panas.

Cara Mengatasi iPhone Panas

10 Penyebab iPhone Panas dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi. Cara mengatasi ponsel iPhone cepat panas (Foto: Istockphoto/ stevanovicigor)

Lantas, apa yang harus dilakukan jika iPhone panas? Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Tinggalkan tempat yang bersuhu panas

Saat menyadari sedang berada di tempat dengan suhu panas, sebaiknya segera tinggalkan tempat tersebut. Jangan biarkan iPhone terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama dan pindah ke lingkungan yang lebih sejuk atau jauh dari paparan matahari langsung.

Tak hanya itu, jangan pula meninggalkan iPhone di dalam mobil di parkiran luar ruangan dengan suhu panas tinggi. Sebab, berisiko panas mendadak tanpa sepengetahuan pengguna.

2. Jangan gunakan pendingin

Saat iPhone sudah telanjur panas, biarkan hp mendingin dengan sendirinya di tempat yang sejuk. Namun, jangan memasukkan hp ke pendingin apa pun.

Misalnya, kulkas maupun kotak pendingin (cooler box). Perubahan suhu secara drastis juga bisa merusak iPhone.

3. Periksa penggunaan baterai

Penyebab iPhone panas terkadang karena baterai hp memang sudah rusak. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan berkala pada penggunaan baterai.

Nantinya, akan ada tingkat kualitas baterai, misalnya 100 persen, 95 persen, 90 persen, atau bahkan sampai 50-70 persen. Semakin rendah, artinya kualitas baterai memang sudah menurun dan sebaiknya diganti.

4. Jangan gunakan iPhone saat isi daya

Biarkan sistem iPhone fokus mengisi daya terlebih dahulu, baru Anda gunakan untuk membuka aplikasi. Artinya, jangan mainkan iPhone sambil di-charge.

5. Lepaskan case hp

Jika Anda menggunakan pelindung atau case hp, maka sebaiknya lepas dulu ketika iPhone panas.

Sebab, penggunaan case bisa menghalangi keluarnya udara panas dari dalam iPhone ke luar. Anda bisa memakai case iPhone jika Hp sudah mulai mendingin.

6. Kurangi kecerahan layar iPhone

Tingkat kecerahan layar iPhone juga bisa memengaruhi penggunaan baterai. Saat Hp panas, maka Anda bisa mengurangi tingkat kecerahan layar iPhone selama beberapa saat.

7. Aktifkan airplane mode

Jika iPhone panas karena terlalu banyak aktivitas yang menyedot data seluler, maka sebaiknya aktifkan mode pesawat (airplane). Lalu, biarkan iPhone istirahat sejenak.

8. Matikan aplikasi GPS sampai game

Biasanya penggunaan aplikasi GPS, streaming video, sampai game akan menyedot daya baterai dalam jumlah tinggi. Untuk itu, jika sudah tidak digunakan, sebaiknya segera tutup aplikasi.

9. Tutup aplikasi yang tak terpakai

Jika penyebab iPhone panas karena penggunaan aplikasi yang terlalu banyak, maka tutup aplikasi yang tak terpakai.

Toh, Anda tak bisa fokus melihat berbagai aplikasi berjalan bersamaan. Maka sebaiknya tutup yang tak terpakai agar sistem tak terlalu banyak menyedot daya baterai dan data seluler.

10. Matikan iPhone

Jika cara-cara di atas belum ampuh, maka Anda bisa mematikan iPhone. Ini memberi istirahat total pada sistem pengoperasian Hp, sehingga bisa mendingin lebih cepat.

Itulah 10 penyebab iPhone panas dan cara mengatasinya. Semoga membantu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال