Takut Data Pribadi Bocor? Google Chrome Punya Fitur Perlindungan, Tetapi

Takut Data Pribadi Bocor? Google Chrome Punya Fitur Perlindungan, Tetapi
Google soal Chrome. Ilustrasi Foto: Antara

arsipsumut.com

Pencurian data terus menghantui para pengguna internet. Oleh karena itu, upaya ekstra hati-hati harus dilakukan.

Kebocoran data banyak penyebabnya, apakah ketidaktahuan pengguna atau perusahaan penyedia layanan diretas. Satu cara yang bisa dilakukan pengguna ialah menyalakan fitur perlindungan di browser, peramban, yang digunakan untuk mengakses internet.

Google memiliki fitur Enhanced Safe Browsing untuk Chrome, yang bisa diakses dari pengaturan. Fitur itu tidak menyala secara otomatis, pengguna bisa menyalakan atau mematikan Enhanced Safe Browsing sesuai kebutuhan. 

Pada aplikasi Chrome, ketuk ikon tiga titik di bagian kanan atas layar, kemudian pilih "Setting" (pengaturan) dan klik "Privacy and Security" (privasi dan keamanan).

Selanjutnya, pilih "Security" kemudian nyalakan "Enhanced Protection". Pada ponsel Android, pilih Safe Browsing.

Perlindungan tambahan itu bisa membantu pengguna terhindar dari aktivitas mencurigakan di internet.

Google akan bisa memindai apakah situs yang tersebut berbahaya atau tidak. Namun, fitur itu juga memiliki kekurangan. Jika fitur itu dinyalakan, akan lebih banyak data pengguna yang dikumpulkan oleh Google. 

Jika pengguna masuk ke akun Google di Chrome, akun tersebut secara temporer bakal terhubung ke data browsing. Google menyatakan data yang dikumpulkan bersifat anonim, digunakan dalam waktu yang singkat untuk melindungi pengguna. (cnet/ant/jpnn)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال