TERJAWAB Kenapa Taiwan Tidak Menembak Rudal Balistik China yang Terbang di Atas Taipei

TERJAWAB Kenapa Taiwan Tidak Menembak Rudal Balistik China yang Terbang di Atas Taipei
Antirudal Patriot Taiwan disiagkan jika rudal balistik China memasuki ruang udara Taiwan.

arsipsumut.com

Akhirnya terjawab kenapa Taiwan tidak menembak rudal balistik China yang terbang di atas  ibu kota Taipei, 4 Agustus 2022.

Publik dan netizen Taiwan sempat mempertanyakan kenapa militernya tidak menembak rudal balistik China yang terbang di atas Taipei dengan senjata antirudal Patriot III yang mereka punya .

Untuk pertama kalinya, China menembakkan 11 rudal balistik Dongfeng 15B (DB-15B) dalam latihan militer sebagai respons atas kunjungan Ketua DPR Amerika Nancy Pelosi ke Taiwan 2-3 Agustus 2022.

Dari 11 rudal balistik DF-15B yang ditembakkan China, 4 rudal melintasi ibu kota Taipei, hingga jatuh di perairan ZEE Jepang.

Taiwan mempunyai segudang senjata antirudal baik produksi dalam negeri maupun yang dibeli dari Amerika seperti Patriot III.

Bahkan menurut pakar militer yang dilansir SCMP, Taiwan adalah negara yang paling banyak mempunyai senjata antirudal jika dilihat dari perbandingan luas daerah dan stok yang dimiliki.

TERJAWAB Kenapa Taiwan Tidak Menembak Rudal Balistik China yang Terbang di Atas Taipei
Lokasi peluncuran dan jatuhnya rudal balistik China (twitter)

Pakar yang tergabung dalam grup facebook Wang Li Second World War Research Institute Jumat 5 Agustus 2022, menjawab pertanyaan netizen kenapa tidak menembak rudal balistik China yang melintas di atas ibu kota Taipei.

Dalam unggahan tersebut dijelas rudal balistik terbang hingga di luar angkasa sebelum turun ke afmosfer untuk mencapai target.

Ketinggian rudal balistik mencapai 100 kilometer di atas Bumi, yang dianggap sebagai batas afmoster dan ruang angkasa.

Kementerian Pertahanan Taiwan, mengatakan ketinggian rudal balistik Dongfeng berada di luar atmosfer.

Sehingga meskipun rudal ini terbang di atas Taipei, Taiwan, tapi ketinggiannya berada di luar angkasa dan bukan teritorial Taiwan.

TERJAWAB Kenapa Taiwan Tidak Menembak Rudal Balistik China yang Terbang di Atas Taipei
Rute peluncuran rudal balistik China yang memasuki ruang angkasa di atas Taiwan (facebook)

Konsensus internasional, ruang angkasa yang berada di atas satu negara bukan teritorial negara yang bersangkutan.

''Karena kalau kita mengklaim ruang angkasa di atas Taiwan, maka tiap hari satelit China melanggar kedaulatan kita,''kata penulis ini bercanda.

Oleh sebab itu, senjata antirudal Patriot III milik Taiwan tidak akan ditembakkan menjatuhkan rudal balistik DF-15B saat terbang di luar angkasa, tapi akan digunakan jika rudal balistik DF-15B memasuki wilayah udara Taiwan.

Pakar itu juga memaparkan harga satu antirudal Patriot 50 juta dolar Taiwan setara Rp 25 miliar sedangkan harga rudal balistik DF-15B hanya 20 juta dolar Taiwan setara Rp 10 miliar.

Oleh sebab itu penggunaan senjata antirudal Patriot III hanya digunakan jika rudal musuh menargetkan permukiman dan instalasi militer Taiwan.

''Namun, jika rudal balistik ditujukan ke wilayah Taiwan, sistem akuisisi target baterai rudal Patriot akan mengunci rudal saat memasuki fase terminal penerbangannya dan meluncurkan rudal yang akan mengenai rudal musuh secara langsung.''

TERJAWAB Kenapa Taiwan Tidak Menembak Rudal Balistik China yang Terbang di Atas Taipei
Rudal balistik akan dikunci dan ditembak Patriot jika memasuki ruang udara Taiwan (facebook)

Selain itu, setiap kali rudal balistik diluncurkan, maka pengamat militer dan militer Taiwan bisa mendapatkan data penting tentang rudal balistik China.

"Sehingga ada kesempatan gratis untuk mengumpulkan data rudal balistik negara musuh, dan Anda harus mengucapkan terima kasih dalam hati."

Jumat 5 Agustus 2022, 10 kapal perang dan 20 jet tempur China melintasi garis tengah Selat Taiwan, yang dianggap sebagai batas teritorial China-Taiwan.

Jumat pukul 11 ​​pagi, Kementerian Pertahanan Nasional mengumumkan bahwa beberapa jet tempur dan kapal perang China melintasi Selat Taiwan.

Merespons intrusi China, Taiwan menggunakan "siaran peringatan, pesawat di CAP, patroli kapal angkatan laut, dan sistem rudal darat."

TERJAWAB Kenapa Taiwan Tidak Menembak Rudal Balistik China yang Terbang di Atas Taipei
Jet tempur F-16 Taiwan bayangi pesawat pembom China yang masuk zona identifikasi pertahanan Taiwan (CNA)

Taiwan mengutuk latihan militer China melibatkan peluncuran rudal balistik atau sengaja melintasi garis tengah selat, adalah "tindakan yang sangat provokatif."

Taiwan menambahkan militernya "siap untuk perang, tetapi tidak mau memulai" dan "tidak meningkatkan konflik atau menyebabkan perselisihan."

Sejak 1955, ada kesepakatan tidak tertulis antara China dan Taiwan untuk tidak melewati garis tengah Selat Taiwan, yang juga dikenal sebagai Garis Davis.

Namun, pada 21 September 2020, China secara sepihak membantah adanya garis tengah di Selat Taiwan.

Pada musim gugur 2020, jet tempur China beberapa kali melintasi garis tengah dan memasuki ADIZ Taiwan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال