Setelah Buka Blokir Steam dkk, Kominfo Buka Akses Origin.com

Setelah Buka Blokir Steam dkk, Kominfo Buka Akses Origin.com
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. (Kominfo)

arsipsumut.com

Satu demi satu Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang sempat diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dibuka. Berdasarkan Siaran Pers No. 313/HM/KOMINFO/08/2022 hari Rabu, 3 Agustus 2022, Kominfo kembali mengumumkan normalisasi akses.

“PSE Electronic Arts telah mendaftarkan sistem elektronik origin.com. Normalisasi akses origin.com telah dilakukan sejak pukul 14.00 WIB pada hari Rabu, 3 Agustus 2022,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan dalam rilis tersebut.

Sebelumnya, Kominfo menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan normalisasi Valve Corp yang berisi Steam, CS GO, dan DOTA sejak Selasa, 2 Agustus 2022 pukul 08.30 WIB.

Hal yang sama juga dilakukan kepada Yahoo. Kominfo menyatakan  telah dilakukan normalisasi sejak Selasa pukul 08.30 WIB. Dengan telah dibukanya akses itu, Kominfo mempersilakan masyarakat untuk mengakses ketiga grup PSE tersebut di atas.

Pada hari Senin, Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi menyatakan pihaknya meminta bantuan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk mendorong PSE asing yang bermarkas di Amerika supaya mereka segera merespons permintaan dari Kominfo.

Paypal Dibuka sampai Tanggal 5 Agustus

Sebelumnya, saat konferensi pers virtual, Minggu, 31 Juli 2022, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Kominfo membuka akses PayPal yang sebelumnya diblokir. "Per tadi pagi, PayPal kami buka supaya masyarakat bisa migrasi." 

Kementerian Kominfo memblokir layanan PayPal pada Sabtu, 30 Juli 2022, sebagai konsekuensi platform tersebut tidak mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) di Indonesia. Pemblokiran PayPal mendapat protes dari masyarakat yang diekspresikan melalui media sosial.

PayPal adalah layanan mengirim dana dari luar negeri. Platform ini banyak digunakan oleh mereka yang bekerja dengan perusahaan asing, pekerja lepas atau kreator konten. Melalui media sosial, sejumlah pengguna mengaku kesal dan bingung karena masih memiliki sejumlah dana di PayPal, namun, tidak bisa dicairkan karena platform tersebut diblokir.

Menurut Semuel, PayPal dibuka untuk sementara per jam 8.00, setelah melihat kondisi masyarakat dan mendapat masukan. Pembukaan sementara ini dilakukan selama lima hari kerja, yaitu tanggal 5 Agustus pukul 23.59.

Semuel meminta masyarakat memanfaatkan lima hari tersebut sebaik-baiknya, apakah untuk memindahkan dana mereka dari PayPal ke platform lain atau meminta pihak yang bekerja sama dengan mereka untuk mengirim dana ke layanan selain PayPal.

Jika sampai batas waktu yang ditentukan PayPal masih belum mendaftar, layanan tersebut harus diblokir kembali.

Kementerian Kominfo memblokir sejumlah situs dan layanan sejak Sabtu, 29 Juli 2022 karena mereka tidak mendaftar sebagai PSE yang beroperasi di Indonesia. Layanan yang diblokir, antara lain adalah Yahoo Search, game online Steam, Dota 2, Counter-Strike Global Offensive dan platform distribusi digital Origin.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال