Sepakbola Wanita: Inggris Juara Euro 2022 Setelah Taklukkan Jerman 2-1

Sepakbola Wanita: Inggris Juara Euro 2022 Setelah Taklukkan Jerman 2-1
Tim sepakbola wanita Inggris merayakan kemenangan atas Jerman di final Euro 2022 di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (31/7/2022). (Sumber: The Associated Press.)

arsipsumut.com

Gol Chloe Kelly di babak kedua perpanjangan waktu memastikan Inggris sebagai juara sepak bola wanita Euro 2022 setelah mengalahkan Jerman 2-1, Minggu (31/7/2022). 

Pada saat Kelly mencetak gol, Inggris tampak lelah, bahkan setelah mendapat dukungan penuh dari supporter tuan rumah. Skor bertahan 1-1 setelah 90 menit usai di pertandingan yang dihelat di Stadion Wembley, London. 

Kemudian Kelly menjebloskan bola ke gawang pada percobaan kedua di menit ke-110, setelah Jerman gagal membersihkan sepak pojok. Gol ini pun disambut dengan meriah.

“Saya selalu percaya saya akan berada di sini, tetapi untuk berada di sini dan mencetak gol kemenangan, wow. Gadis-gadis ini luar biasa,” kata Kelly, yang baru pulih dari cedera lutut serius pada April lalu. "Ini luar biasa, saya hanya ingin merayakannya sekarang," ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Kelly melepas bajunya untuk merayakan golnya. Dia mendapatkan kartu kuning atas selebrasi ini. Setelah peluit akhir, para pemain Inggris menari dan penonton menyanyikan lagu mereka “Sweet Caroline.” 

Ratu Elizabeth II pun mengucapkan selamat atas kemenangan ini. Ia menyebut tim Inggris sebagai inspirasi untuk anak perempuan dan para perempuan hari ini untuk generasi mendatang.

Para pemain juga menyadari bagaimana kesuksesan mereka memiliki konsekuensi penting. "Kami berbicara dan berbicara dan akhirnya kami melakukannya," kata kapten Inggris Leah Williamson. 

"Ini adalah momen paling membanggakan dalam hidup saya, jadi saya akan melakukannya dan menikmati setiap detik. Warisan turnamen ini dan tim ini merupakan perubahan untuk masyarakat. Kami telah menyatukan semua orang,” ujarnya.

Pada pertandingan hari Minggu, tim Jerman tampil tanpa kapten Alexandra Popp, karena dia mengalami masalah otot dalam pemanasan. Dia digantikan sementara oleh Svenja Huth sebagai kapten.

Menghadapi kekalahan pertamanya dalam sembilan final Eropa, Jerman nyaris mencetak gol ketika Lea Schüller membentur tiang gawang dan kemudian menyamakan skor pada menit ke-79 ketika Lina Magull melepaskan umpan silang rendah melewati kiper Inggris Mary Earps. 

Pertandingan kemudian berlanjut ke perpanjangan waktu. Inggris kemudian mengambil kendali permainan di menit-menit akhir, dan menggagalkan peluang Jerman untuk kembali menyamakan kedudukan.

Setelah peluit akhir, pemain Inggris merayakan kemenangan. Mereka menyanyikan lagu "It's Coming Home" untuk kemenangan yang dramatis.

Gelar untuk Inggris ini akhirnya datang setelah 56 tahun lalu mereka memenangkan Piala Dunia pria atas Jerman di Stadion Wembley pada tahun 1966. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال