Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dikirim Hari Ini, PT KCIC: Hadiah 17 Agustus

Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dikirim Hari Ini, PT KCIC: Hadiah 17 Agustus
Pekerja menyelesaikan pengerjaan proyek tunnel dua Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa 21 Juni 2022. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan proyek tunnel dua Kereta Cepat Jakarta-Bandung itu telah berhasil ditembus yang menandakan 13 terowongan KCJB kini telah tersambung. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

arsipsumut.com

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi, mengatakan pengiriman perdana rangkaian kereta cepat (EMU) dan kereta inspeksi (CIT) mulai dikirimkan dari Cina ke Indonesia adalah hadiah untuk Indonesia. EMU dan CIT itu akan mulai dikirim dari Negeri Tirai Bambu itu pada Jumat, 5 Agustus 2022.

“Ini akan menjadi hadiah yang spesial bagi kita semua keluarga besar proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk Indonesia yang akan merayakan Hari Kemerdekaan ke-77 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022,” ujar dia dalam konferensi pers virtual pada Jumat, 5 Agustus 2022.

Dwiyana menjelaskan pengiriman rangkaian KCJB perdana itu juga menandai sejarah bagi kedua negara. Selain dikirimkan di bulan kemerdekaan Indonesia, hal itu juga menjadi yang pertama bagi Cina untuk mengirimkan kereta cepatnya ke luar negeri.

Menurut Dwiyana proyek KCJB hadir sebagai wujud nyata dari kerja sama strategis antara Indonesia dan Cina. Proyek ini, kata dia, merupakan bagian dari program strategis nasional di bidang infrastruktur yang diamanatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Xi Jinping untuk membangun konektivitas masa depan yang andal nyaman dan modern.

“Saat ini, progres investasi dari proyek KCJB sudah mencapai 85 persen. Namun, masih menyisakan beberapa pekerjaan, penyelesaian tunnel dua, kemudian pre loading, track laying, dan tentunya juga penyelesaian stasiun.

Penyelesaian manufaktur rangkaian EMU dan CIT di Cina membuktikan bahwa proyek KCJB akan semakin mantap menyelesaikan seluruh kegiatannya dengan target COD bulan Juni 2023. Dengan penyelesaian manufaktur EMU dan CIT, proyek ini akan memasuki tahap selanjutnya. 

Dwiyana berharap pengiriman EMU dan CIT mulai dari pelabuhan Cina sampai ke Pelabuhan Tanjung Priok bisa berjalan dengan lancar. Pihaknya juga ingin memastikan kepada member kontraktor terutama China Railway International Co (CRIC) agar pengiriman ini bisa dikawal terutama terkait dengan pengiriman dari Tanjung Priok ke Stasiun Tegalluar.

“Karena medannya cukup sulit, melewati jalan darat atau tol. Kami harapak teman-teman CRIC bisa mengawal perjalanan agar tidak terjadi kendala yang tidak diinginkan,” tutur Dwiyana.

Salah satu mitra pembangunan KCJB, China Railway, memastikan kereta yang dibuat akan menyesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Perwakilan China Railway, Qian Ming, menjelaskan KCJB akan berdasarkan kereta jenis JR400AF, tapi disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. 

Menurut dia, pihaknya telah melakukan pengaturan kembali sistem energinya, misalnya memasang alat anti gempa yang menyesuaikan dengan kondisi geografis dan budaya di Indonesia. “Ini sangat penting bagi operasional KCJB. Kami menyediakan tim untuk melakukan pemeriksaan sewaktu-waktu. Khususnya bagian teknis kereta ini termasuk memerikasa rel dan jaringan telekomunikasi,” ujar dia.

Menurut Qian Ming, semua yang ada di kereta tersebut benar-benar akan menyesuaikan dengan iklim di Indonesia, seperti hujan dan tanah yang basah. Selain itu, sejak 6 April-29 Mei 2022, China Railway juga telah melakukan tes uji coba di Qingdao dan Beijing dengan jarak tempuh 20.000 kilometer lebih, dengan kecepatan tertinggi 385 kilometer per jam.

EMU sekarang sudah selesai diproduksi dan akan dikirim ke Indonesia mulai hari ini. Qian Ming menurutkan, proyek KCJB ini sudah memasuki tahap persiapan operasi, naik dari tahap pembangunan. Sehingga tugasnya akan menjadi lebih berat lagi.

“Kita juga akan mengirim tim kerja yang elit untuk melakukan pengecekan agar menjamin kereta ini bisa beroperasi aman, dan memberikan perawatan yang sempurnya,” kata dia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال