Manchester United vs Brighton 1-2, Kata Erik ten Hag Soal Cristiano Ronaldo Masuk di Babak Kedua

Manchester United vs Brighton 1-2, Kata Erik ten Hag Soal Cristiano Ronaldo Masuk di Babak Kedua
Ekspresi pemain Manchester United Cristiano Ronaldo setelah timnya dikalahkan oleh Brighton and Hove Albion dalam pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, 8 Agustus 2022. Manchhester United ditumbangkan tamunya Brigthon 1-2. REUTERS/Toby Melville

arsipsumut.com

Cristiano Ronaldo baru dimainkan di babak kedua saat Manchester United dikalahkan Brighton 1-2 di Old Trafford, Minggu, 7 Agustus 2022. Kekalahan kandang di laga pertama Liga Inggris itu menandai debut Erik ten Hag sebagai pelatih Setan Merah.

Ten Hag menjadi bos baru United setelah era Ole Gunnar Solskjaer yang terhenti di tengah musim lalu diteruskan dengan pelatih sementara Ralf Rangnik. Pelatih asal Belanda itu pindah ke Old Trafford setelah tiga musim terakhir menangani Ajax.

Namun, laga pertama yang diharapkan bisa menjadi catatan apik Ten Hag bersama Manchester United tercoreng dengan kekalahan tim asuhannya di kandang, setelah penampilan mengesankan selama pramusim.

Dalam laga itu, Ten Hag mengambil keputusan untuk meninggalkan Ronaldo di bangku cadangan dan memainkan Christian Eriksen sebagai penyerang. Pemain baru itu diduung Marcus Rashford, Bruno Fernandes, dan Jadon Sancho. Keputusan itu tidak membuahkan hasil. 

Ronaldo lantas diturunkan pada menit ke-53 menggantikan Fred. Dengan keluarnya Fred, Eriksen dipindahkan ke belakang, lini tengah, sehingga memungkinkan penyerang Portugal itu untuk bergerak di depan dengan Rashford dan Sancho. 

Meski tidak mencetak gol, masuknya kapten Timnas Portugal itu langsung memberikan dampak. United mampu meningkatkan dominasi penguasaan bola, tetapi mereka tak bisa membuat lima tembakan tepat sasaran. 

Keputusan untuk mengeluarkan Ronaldo dari starting XI Manchester United ketika melawan Brighton sebelumnya sudah banyak dibahas sejumlah media. 

Ten Hag berdalih hal itu karena pertimbangan kondisi kebugaran sang megabintang yang melewatkan tur pramusim dan hanya bermain 45 menit di laga terakhir pramusim melawan Rayo Vallecano yang berakhir 1-1 pekan lalu.

Namun, setelah pertandingan melawan Brighton, Ten Hag mengakui tim asuhannya bermain lebih baik setelah pemain berusia 37 tahun itu masuk ke lapangan. 

"Jelas untuk melihat (bahwa) di babak kedua kami lebih baik di lini tengah dengan Eriksen turun dan Ronaldo naik," kata Ten Hag. "Kami menciptakan peluang dan Rashford memiliki dua peluang bagus, sayang sekali kami tidak dapat mencetak gol."

Saat Anthony Martial, penyerang tengah, dilaporkan mengalami cedera hamstring dan tidak tersedia untuk laga melawan Brighton, Ronaldo diperkirakan bakal dimainkan sebagai starter. Tetapi kenyataannya, bos baru Manchester United mengambil keputusan lain.

"Jika dia (Martial) tersedia, saya akan memainkannya," kata mantan pelatih Ajax. 

"Cristiano Ronaldo sekarang 10 hari mengikuti latihan, terlalu singkat untuk 90 menit. Itulah alasan kami tak memainkannya."

Cristiano Ronaldo mendapat sorotan publik selama musim panas ini. Pemain Portugal itu melewatkan tur pramusim karena alasan pribadi dan kemudian menyatakan ingin meninggalkan Manchester United. Salah satu alasannya adalah keinginannya bergabung dengan tim yang bermain di Liga Champions.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال