Kontroversi PM Finlandia: Dugem Usai Kontak Pasien Corona-Viral Berpesta

Kontroversi PM Finlandia: Dugem Usai Kontak Pasien Corona-Viral Berpesta
Viral PM Finlandia Sanna Marin saat pesta (Foto: Twitter)

arsipsumut.com

Perdana Menteri (PM) Finlandia Sanna Marin kembali membuat kontroversi. Akhir tahun lalu dia ketahuan berpesta usai kontak dengan pasien Corona, kini video pesta liarnya viral.

Sabtu (20/8/2022), detikcom merangkum beberapa kegiatan Marin yang disorot. Setidaknya ada dua kegiatan Marin yang mendapat sorotan publik, sebagai berikut:

Clubbing Usai Kontak dengan Pasien Corona

Sekitar 4 Desember 2021, Sanna Marin pergi keluar ke Helsinki pada malam hari. Padahal beberapa jam sebelumnya dia bertemu dengan menteri luar negeri Finlandia yang dinyatakan positif Corona.

Marin awalnya diberitahu bahwa dia tidak perlu melakukan isolasi diri karena telah divaksinasi lengkap, tetapi kemudian melewatkan pesan yang menyarankan dia untuk melakukannya.

Dia lalu dikritik karena tidak isolasi diri sampai tes menyatakannya negatif COVID.

Perdana Menteri berusia 36 itu mengakui ada pesan teks yang menyarankan dia untuk menghindari kontak sosial yang dikirim ke ponsel kerjanya, yang dia tinggalkan di rumah sebelum pergi.

Ketika dia melihat teks itu pada hari Minggu, dia segera melakukan tes COVID dan hasilnya negatif.

Awalnya Marin membela tindakannya itu, dengan alasan bahwa dia telah mengikuti saran dari menteri luar negerinya, yang mengaku kena COVID.

Tetapi dalam sebuah postingan di Facebook pada hari Senin, Marin mengatakan bahwa dia seharusnya berpikir lebih bijak dengan mengikuti panduan yang sudah dibuat.

"Saya sangat menyesal karena tidak mengerti bahwa saya perlu melakukan panduan itu," tulisnya.

Marin langsung menghadapi kritik sejak sebuah majalah gosip menerbitkan foto-foto perdana menteri itu ada di sebuah kelab malam di Helsinki dengan teman-temannya saat itu.

Video Berpesta Bocor di Medsos

Kemudian pada 17 Agustus 2022 waktu Finlandia adalah momentum beredarnya video itu. Terlihat, Sanna Marin asyik berjoget bersama orang-orang di sekitarnya.

Dilansir Reuters, Jumat (19/8), dilaporkan bahwa video itu awalnya diposting ke sebuah akun Instagram privat. Tidak diketahui bagaimana bisa video itu bocor ke publik dan beredar luas di media sosial.

Kepada wartawan pada Kamis (18/8) waktu setempat, Marin menuturkan dirinya saat itu menyadari tengah direkam dengan kamera, namun tidak mengira video-videonya akan diungkap ke publik.

"Video-video ini bersifat pribadi dan direkam di ruang privat. Saya kesal karena video-video ini diketahui publik," ucap Marin kepada wartawan setempat.

Sanna Marin tidak tahu siapa yang membocorkan video pribadi itu. Namun yang jelas, video pemimpin negara berjoget itu telah bikin heboh negeri Skandinavia sebelah timur itu.

Menyusul bocornya video pesta privat Marin ke publik, banyak warga Finlandia yang menyuarakan dukungan untuk pemimpin muda mereka. Publik Finlandia mendukung Marin yang mampu menjalankan kehidupan pribadinya dengan baik di tengah kariernya yang memegang jabatan tinggi di negara itu.

Buntut dari video itu, Sanna Marin kemudian melakukan tes narkoba. Sebab, beberapa orang menilai Marin terpengaruh obat saat joget di pesta itu.

Dilansir AFP, Sabtu (20/8/2022), Sanna Marin melakukan tes narkoba setelah video pesta bocor ke publik dan memicu kritik. Meski begitu, Marin tegas menyatakan dirinya tidak terlibat dengan narkoba.

"Untuk menghilangkan kecurigaan, saya telah menjalani tes narkoba hari ini," katanya kepada wartawan di kediamannya.

Dia mengatakan hasil tes narkoba itu akan siap dalam waktu seminggu. Dia menyebut akan membagikan hasil tes kepada media segera setelah siap.

Marin sebelumnya mengaku minum alkohol. Selain menyangkal menggunakan narkoba, dia mengatakan dia tidak menyaksikan penggunaan narkoba oleh setiap peserta.

"Tidak pernah dalam hidup saya, bahkan di masa muda saya, saya pernah menggunakan obat-obatan," katanya pada Jumat (19/8) waktu setempat itu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال