Gelaran Kompasfest 2022 Presented by BNI Dorong Generasi Muda Bawa Gagasan Baru

Gelaran Kompasfest 2022 Presented by BNI Dorong Generasi Muda Bawa Gagasan Baru
Kompasfest 2022 Presented by BNI.(DOK. Kompasfest 2022 Presented by BNI)

arsipsumut.com

Harian Kompas menggelar Kompasfest 2022 presented by BNI bertajuk “ Freedom” di M Bloc Space dan Kala di Kalijaga, Panglima Polim, Jakarta Selatan, pada 19–20 Agustus 2022. Festival kreatif ini merupakan wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi dan kreativitas. 

Kompasfest 2022 presented by BNI yang menyasar anak-anak muda menghadirkan kelas dalam bentuk workshop sebagai medium berbagi ilmu dari sejumlah praktisi, mulai dari kementerian, pegiat media sosial dan kreatif, aktivis lingkungan, hingga dunia hiburan, baik nasional maupun internasional dengan topik beragam dan inspiratif. 

Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra dalam talk monologue dengan topik “Freedom to Dream Big, Freedom to Choose Our Future” membeberkan bahwa tantangan yang akan dihadapi khususnya oleh kaum muda ke depan akan jauh lebih besar dari sekarang.

Masalah krisis kesehatan memang sudah teratasi, tetapi akibat perang Rusia dan Ukraina yang berkepanjangan juga akan membuat kita menghadapi krisis lainnya yang tidak kalah berat, seperti krisis sosial, lingkungan, pangan, bahkan energi. 
Bahkan akibat krisis pangan ini akan ada 7 negara yang terdampak. 

Tiga gubernur hadir sekaligus dalam acara ini untuk berbagi pengalaman. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hadir secara luring, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hadir secara daring.

Pelajaran dari 3 Gubernur untuk anak muda 

Pada kesempatan ini Anies Baswedan mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan anak muda yang inovatif. Anies menilai setiap generasi menghadapi tantangan yang berbeda dan generasi muda diyakini mampu menawarkan gagasan dan solusi baru karena mereka memiliki perspektif yang baru pula. Oleh karena itu, anak muda perlu dilibatkan dalam merumuskan solusi bersama pemangku kepentingan. 

Ganjar menuturkan, seseorang yang aktif dalam kegiatan sosial dan organisasi memiliki nilai lebih yang akan menjadi bekal dalam kepemimpinan. Tidak kalah penting adalah kekuatan menjalin relasi, termasuk melatih kemampuan berkomunikasi dan memehami seseorang. Dalam prosesnya, mereka belajar untuk menempa diri dan menyelesaikan permasalahan dengan menemukan solusi dan ide. 

Ridwan Kamil pun menegaskan bahwa generasi muda Indonesia harus memiliki sikap peduli. Sikap lain yang perlu diasah adalah kedewasaan dalam memimpin. Hal itu tidak terbentuk tiba-tiba, tetapi melalui proses panjang yang mungkin tidak ditemui di jalur formal.

Sesi Menteri BUMN soal ekonomi digital Indonesia 

Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, Erick Thohir dalam conference dengan topik “Leadership: Build Back Better” mengatakan, untuk menjadi sesosok Erick Thohir kuncinya 3 hal. 

Pertama, jangan melihat posisi kalian hari ini, tapi apa yang diinginkan ke depan. Kedua, dalam menjalani, penting memiliki kapabilitas. Ketiga, jangan salah gaul. Selain itu, Erick juga mengingatkan agar jangan menjadi bangsa yang kufur nikmat. 

Kita harus bisa mengapresiasi hal yang bagus juga. Terlebih lagi ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai Rp 4.500 triliun, terbesar di Asia Tenggara pada 2030. “Sayang kalau tidak belajar,” tutur Erick. 

Dalam ajang Kompasfest 2022 Presented by BNI ini para peserta tidak hanya menonton atau mendengar paparan dari para praktisi, tetapi juga mempraktikkan dan berpartisipasi secara langsung metode-metode yang diberikan oleh para narasumber yang dihadirkan. 

Kompasfest 2022 presented by BNI yang digelar selama dua hari ini terdiri atas 12 konferensi, 36 kelas workshop dan berbagai pertunjukan dari artis atau musisi muda Tanah Air.

Workshop dan talkshow by BNI 

Dengan teknologi yang telah menduduki banyak sektor, ranah ekonomi telah turut terdampak. Melalui sesi workshop “Digitalize in Digital Life: Financial Optimizing” oleh BNI, narasumber menjelaskan kembali bagaimana proses earn power bagi penggunannya. 

Pada sesi ini narasumber juga menjelaskan melalui case pentingnya kesadaran tentang saving dengan earn power, melalui penjabaran poin Pahami target tabungan untuk menyeimbangan saving dan earn; Hanya saving tidak menjamin nilai yang sama, dipengaruhi oleh fluktuasi rupiah; Bagaimana cara kerja reksadana menjadi alternatif untuk tabungan dengan nominal yang tidak statis. 

Senior Vice President Wholesale Solution PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Indra Gunawan dalam talkshow “Digitalize in Digital Corporate Service” menyebutkan bahwa BNI membentuk Divisi Transactional Banking & Financial Services (TBS) untuk peningkatan bisnis yang menekankan pada optimalisasi penerimaan pendapatan fee based income. 

Tujuannya untuk menyediakan solusi digital yang terintegrasi, efektif, dan handal bagi nasabah business banking serta meningkatkan aktivitas transaksi nasabah untuk menumbuhkan interaksi bisnis serta loyalitas nasabah. 

Dalam sesi talkshow bertema Financial dan UMKM “Go Productive, Go Digital, Go Global” oleh BNI terbukti digitalisasi telah melahirkan berbagai peluang baru yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi UMKM. Tersedianya akses dan layanan keuangan yang mudah dijangkau oleh UMKM menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan produktivitas dan ketahanan UMKM terhadap guncangan ekonomi. 

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) digital yang produktif merupakan kunci utama dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional. Dalam prakteknya, beberapa kendala UMKM dalam memperoleh akses. 

BNI sangat berkomitmen untuk berkontribusi terhadap perekonomian nasional, salah satunya dengan mengembangkan UMKM di Indonesia. Melalui Xpora, sebagai One Stop Shopping Solution hadir untuk mendukung meningkatan potensi UMKM Indonesia agar dapat mengembangkan bisnisnya menuju UMKM Go Productive, Go Digital, & Go Global, serta menjadi pusat layanan bagi para diaspora Indonesia yang berada di luar negeri. 

Kompasfest 2022 presented by BNI terbagi atas empat pilihan program tiket, di antaranya Borjuis (Kelas online dan Conference online), Borjuis Rewind (kelas online, conference online, rewind 1 bulan), kedua jenis tiket ini sangat cocok bagi mereka yang berada di luar Jabodetabek atau luar Pulau Jawa karena tidak bisa hadir secara daring di lokasi acara. Raden (kelas offline 1/2 sesi, conference offline 1 hari, rewind 1 bulan), dan Sultan (kelas online, conference offline 1 hari Jumat/Sabtu, rewind 1 bulan) menjadi pilihan tiket yang cocok bagi mereka yang tinggal di Jabodetabek dan ingin merasakan keseruan langsung acara Kompasfest secara luring di M Bloc Space dan Kala di Kalijaga.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال