Diberi Kesempatan 5 Hari, Paypal yang Diblokir Kominfo Alat Bayar Virtual Didirkan Elon Musk

Diberi Kesempatan 5 Hari, Paypal yang Diblokir Kominfo Alat Bayar Virtual Didirkan Elon Musk
PayPal adalah rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan transaksi pembayaran secara online. (Sumber: Business Insider)

arsipsumut.com

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memutuskan akses penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat yang belum mendaftar Sabtu (30/7/2022).

Adapun delapan platform yang diputus yakni Amazon.com, PayPal, Yahoo.com, Epic Games, Steam, Dota, CS dan Origin.

Salah satu pemutusan layanan yang diprotes warganet yakni platform PayPal, karena dinilai merugikan bagi para pekerja freelance yang bekerja pada perusahaan luar dan mengandalkan PayPal sebagai pembayaran gaji mereka.

Namun, pada Minggu (31/7/2022) Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pemblokiran terhadap Paypal dihentikan sementera per Senin (1/8/2022) hingga Jumat (5/8/2022) pukul 23.59 WIB mendatang.

Semuel menyebut, langkah Kominfo tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia pengguna Paypal untuk bermigrasi ke platform jasa transfer uang lainnya.

"Kami kasih kesempatan lima hari kerja, mudah-mudahan ini cukup waktu masyarakat untuk cepat bermigrasi, tolong segera cari layanan lain," imbau Semuel melalui konferensi pers virtual Kominfo, Minggu (31/7/2022).

Lalu, apa sebenarnya kegunaan paypal sehingga membuat warganet resah karena diblokir Kominfo?

Apa itu PayPal?

Melansir dari berbagai sumber, PayPal adalah salah satu sistem pembayaran digital yang banyak digunakan di beberapa negara di dunia. Juga merupakan layanan keuangan online yang memungkinkan orang membayar barang menggunakan akun internet.

Sederhananya, PayPal adalah rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan transaksi pembayaran secara online. Namun, selain transaksi pembelian barang, PayPal juga bisa digunakan untuk menerima uang.

Setiap uang yang diterima disimpan di akun PayPal Anda dan dapat digunakan saat membayar sesuatu, dengan saldo diisi oleh kartu atau rekening bank yang Anda tetapkan. Atau, Anda dapat mentransfer uang ke salah satu rekening bank atau kartu yang Anda tetapkan.

Mungkin ada biaya yang dikenakan saat Anda menerima uang ke akun PayPal Anda, tetapi sebagian besar gratis untuk digunakan saat membeli sesuatu.

Transfer uang ke teman atau keluarga melalui akun PayPal juga gratis, selama tidak diperlukan konversi mata uang.

Di antara keunggulan dari PayPal salah satunya adalah memiliki jaringan yang kuat dan melayani berbagai transaksi keuangan antar negara. Semua transaksi ini dilakukan dengan menggunakan surat elektronik secara online.

Didirikan tahun 1998

PayPal merupakan perusahaan layanan keuangan yang berbasis di California Amerika Serikat. Salah satu pendirinya yakni Elon Musk yang juga dikenal sebagai perintis mobil listrik Tesla.

Didirikan pada tahun 1998, PayPal adalah anak usaha eBay sebelum akhirnya dipisahkan dan menjadi perusahaan tersendiri.

Sebelum masifnya e-commerce, PayPal banyak dimanfaatkan untuk pengiriman uang antara negara yang bersaing dengan wesel pos.

Meskipun banyak menawarkan kemudahan, pada awalnya pengguna PayPal di Indonesia masih terbilang sangat sedikit, ini karena proses verifikasi pembuatan rekening Paypal adalah masih harus menggunakan kartu kredit.

Namun saat ini, verifikasi PayPal untuk penggunanya di Indonesia sudah tak lagi memerlukan kartu kredit, ini karena beberapa rekening tabungan perbankan di Tanah Air maupun kartu debitnya sudah bisa terhubung dengan PayPal.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال