Ajudan Irjen Ferdy Sambo Liburan Bareng, Sosok yang Duduk di Sebelah Brigadir J Dipertanyakan, Foto Pengawal Eks Kadiv Propam Bikin Heboh

Ajudan Irjen Ferdy Sambo LIburan Bareng, Sosok yang Duduk di Sebelah Brigadir J Dipertanyakan, Foto Pengawal Eks Kadiv Propam Bikin Heboh
Sosok ajudan Irjen Ferdy Sambo yang duduk di sebelah Brigadir J dipertanyakan saat mereka liburan bareng. Foto pengawal Sambo bikin heboh.

arsipsumut.com

Irjen Ferdy Sambo ketika menjabat sebagai Kadiv Propam Polri memiliki 8 ajudan yang mendampinginya. Beberapa waktu lalu, ajudan Irjen Ferdy Sambo terlihat melakukan liburan bareng. Sosok yang duduk di sebelah Brigadir Yosua atau Brigadir J dipertanyakan. Foto pengawal eks Kadiv Propam bikin heboh. 

Irjen Ferdy Sambo diperiksa oleh Inspektorat Khusus (Irsus). Sejak Sabtu (6/8/2022) sampai 30 hari ke depan, mantan Kadiv Propam diisolasi di tempat khusus di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Pemeriksaan yang dilakukan tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terus berjalan. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) juga memeriksa keterangan seluruh ajudan Irjen Ferdy Sambo. Itu sebabnya, netizen banyak yang mengulik foto pengawal mantan Kadiv Propam. Salah satunya, sosok yang duduk di sebelah Brigadir J ketika liburan bareng. 

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memberikan keterangan resmi terkait pemeriksaan dan pengamanan Ferdy Sambo di tempat khusus Mako Brimob. "Ini masih berproses, kami minta rekan-rekan bersabar dulu, jadi harus bisa membedakan.

Kalau Irsus fokusnya menyangkut masalah kode etik, kalau Timsus kerjanya proses pembuktian secara ilmiah. Ini masih juga berproses. Apabila nanti sudah ada istilahnya update terbaru dari Irsus akan disampaikan," terang Dedi.

Dedi juga menjelaskan, Ferdy Sambo ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob untuk pemeriksaan lebih lanjut. "Dari hasil riksa wasriksus (pengawas pemeriksaan khusus) atau irsus terkait peristiwa tersebut sudah memeriksa kurang lebih sekitar 10 saksi.

Dari 10 saksi tersebut dan beberapa bukti, Irsus menetapkan bahwa Irjen FS diduga melakukan pelanggaran terkait menyangkut masalah ketidakprofesionalan dalam olah TKP," ujar Dedi. Pemeriksaan terhadap Irjen Sambo saat ini masih berproses. Itu sebabnya, sejak Sabtu malam Ferdy Sambo ditempatkan di tempat khusus Mako Brimob.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan, rombongan Irjen Ferdy Sambo dan istrinya beserta aide de camp (ajudan) dan asisten rumah tangga (ART) melakukan perjalanan ke Magelang karena sempat merayakan hari jadi pernikahan Ferdy Sambo dan Istri.

“Bahwa ada (bukti) perjalanan dimulai dari Magelang, sebelum perjalanan itu bagaimana mereka di situ, misalnya ada anniversary (Ferdy Sambo dan Istri) yang intinya menggambarkan di Magelang (keadaan) baik-baik saja tidak ada masalah,” kata Taufan kepada awak media di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Lantas, rombongan istri Ferdy Sambo bersama ajudan berangkat ke Jakarta menggunakan jalur darat dengan menggunakan mobil. “Kemudian berangkat rombongan Ibu Putri dengan ajudan, sementara Pak Sambo berangkat dari tempat berbeda,” terang Taufan.

Taufan menjelaskan dalam bukti yang telah dikumpulkan oleh Komnas HAM, situasi yang terjadi saat itu terlihat baik-baik saja. Hal tersebut terekam dalam video CCTV yang berada di rumah pribadi Irjen Ferdy yang berada di Jalan Sanguling, Duren III, Jakarta Selatan. 

“Intinya menggambarkan bahwa di Magelang mereka baik-baik saja enggak ada apa-apa, mereka rombongan dengan mobil berangkat baik-baik saja, ter-cover semua dalam CCTV itu pun sampai rumah pribadi baik-baik saja, enggak ada kelihatan apa-apa,” ucapnya. 

Pada Kamis (4/8/2022) Irjen Ferdy Sambo telah muncul pertama kali kepada media saat menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri. Saat ditemui oleh Media, dirinya menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Brigadir J.

Komnas HAM juga mengaku menemui temuan baru dan telah mengantongi bukti perjalanan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.  Perjalanan tersebut diketahui menggunakan pesawat terbang yang dilakukan sehari sebelum baku tembak pada (8/7/2022) lalu di rumah dinasnya.

Ajudan Irjen Ferdy Sambo Liburan Bareng, Sosok yang Duduk di Sebelah Brigadir J Dipertanyakan, Foto Pengawal Eks Kadiv Propam Bikin Heboh

Ternyata, mereka pulang dalam dua rombongan yang berbeda. Komnas HAM menemukan bukti bahwa Ferdy Sambo pulang sehari lebih cepat dari istrinya.

“Sebelumnya kami katakan (Irjen Ferdy) pulang tanggal 8, tapi data berikutnya yang kami temukan valid sekali, dari tiket yang kami dapatkan itu tanggal 7 pagi,” kata Ahmad Taufan Damanik.

Temuan Komnas HAM ini membantah seluruh pernyataan yang mengatakan Irjen Ferdy dan rombongan lainnya tiba dari Magelang dalam satu rombongan. “Yang pasti tidak bersama seperti yang selama ini digambarkan, kan seolah-olah mereka satu rombongan, itu clear,” lanjut Taufan.

Sehingga, ketika rombongan istri Ferdy Sambo dan para ajudan tiba di rumah pribadi yang berada di Jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7/2022) lalu, Ferdy sudah lebih dulu berada di rumah tersebut.

“Sampainya (rombongan istri Irjen Ferdy) di rumah pribadi, Pak Sambo sudah duluan ada di rumah itu, baru mereka kemudian, ibu PC dengan beberapa ajudan itu ke rumah dinas, kurang lebih gitu,” jelasnya.

Namun, Taufan memang tidak merincikan apakah Irjen Ferdy tiba sehari lebih cepat dengan beberapa ajudan lainnya, atau siapa saja yang menemani Ferdy. Meski Tim Khusus kepolisian sudah menetapkan Bharada Richard Eliezer sebagai tersangka pembunuhan, Komnas HAM tetap akan melanjutkan penyelidikan ini.

Irjen Pol Ferdy Sambo melakukan perjalanan menggunakan pesawat yang berangkat dari bandara di Yogyakarta menuju Jakarta. Ahmad Taufan Damanik mengatakan, salah satu bukti Irjen Ferdy Sambo melakukan perjalanan tersebut berupa tiket pesawat atas nama Sambo. 

“Akhirnya data terbaru yang akurat dengan sudah kami dapatkan, tiket dan macam-macam itu. Kami dapat dipastikan tanggal (7/7/2022), pesawat pagi jam 07.00 WIB,” ujar Taufan dalam FGD Jaringan Aktivis Batak Indonesia pada Jumat, (5/8/2022).

Ajudan Irjen Ferdy Sambo Liburan Bareng, Sosok yang Duduk di Sebelah Brigadir J Dipertanyakan, Foto Pengawal Eks Kadiv Propam Bikin Heboh

Dirinya mengatakan bahwa Irjen Sambo berangkat menuju Jakarta dengan didampingi salah satu ajudannya atau ADC atas nama Deden. Mereka berangkat untuk kembali kerja di Mabes Polri.

“Dengan satu ajudan, Deden. Dia berangkat dari Jogja ke Jakarta, ke Mabes,” kata Taufan.  Kemudian, Taufan juga menjelaskan keberangkatan Irjen Sambo menuju Jakarta tidak bersamaan dengan rombongan sang Istri beserta ADC lainnya.

Saat itu, istri Ferdy Sambo berangkat ke Jakarta sehari setelah keberangkatan Irjen Sambo. Istri Ferdy Sambo berangkat bersama ajudan lainnya, termasuk Brigadir J dan Bharada E. 

“Rombongan ibu PC, Bharada E, dan Yosua serta lain-lain termasuk Ricky asisten rumah tangga itu berangkat ke Jakarta dan terekam dalam CCTV. Sampai (ke Jakarta) jam setengah 4 kurang lebih. Nanti kami coba validasi ulang timeline-nya,” katanya.

Ajudan Irjen Ferdy Sambo ternyata melakukan liburan bareng. Hal ini diketahui dari salah satu foto unggahan Matius Marey, salah satu ajudan Ferdy Sambo melalui akun media sosialnya. Matius yang menyandang pangkat Bripka ini terlihat foto bareng Brigadir J. 

Sosok Matius Marey sempat menjadi sorotan lantaran tato di punggung tangannya terlihat dengan jelas saat mengawal Ferdy Sambo yang datang ke Gedung Bareskrim Polri, Kamis (4/8/2022). Matius mengunggah foto ajudan Ferdy Sambo liburan bareng pada tahun 2020. 

Dalam foto yang diunggah, Matius duduk di sebelah kanan Brigadir J yang tampak mengenakan masker berwarna hijau. Sementara itu, sosok yang duduk di sebelah kiri Matius dipertanyakan.

"Yang mana Brigadir Daden?" tanya salah satu netizen dalam kolom komentar foto liburan bareng ajudan Irjen Ferdy Sambo. "Itu yang duduk di sebelah kiri Yosua," jawab netizen lainnya. 

Ajudan Irjen Ferdy Sambo Liburan Bareng, Sosok yang Duduk di Sebelah Brigadir J Dipertanyakan, Foto Pengawal Eks Kadiv Propam Bikin Heboh

Nama Brigadir Daden sempat disebut Bharada E dalam pemeriksaan dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban. Awalnya, Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu mengungkap Bharada E bukan polisi yang jago menembak. 

LPSK mendapat informasi bahwa Bharada E baru memegang pistol pada November 2021. "Latihan menembak itu Maret 2022 di Senayan. Menurut informasi yang kami dapat, Bharada E bukan termasuk kategori mahir menembak," kata Edwin kepada wartawan, Kamis (4/8/2022). Edwin menepis informasi yang menyebut Bharada E sebagai sniper alias penembak jitu. 

"Dia tidak masuk standar itu (sniper), bukan kategori penembak yang mahir," ujar Edwin. Mantan pegiat Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan itu juga membeber kejanggalan lain soal Bharada E. 

Edwin mengungkapkan awalnya Bharada E tidak ditugaskan menjadi ajudan Irjen Ferdy Sambo. "Bharada E ini bukan ADC (aide-de-camp) atau ajudan, bukan. Sprin (surat perintah penugasan) Bharada E ini (menjadi) sopir," kata Edwin.  LPSK memperoleh informasi itu dari Bharada E. 

Bharada E membeberkan informasi alias buka mulut soal Pak Sambo ke LPSK. Dia mengatakan ada delapan anggota Polri yang bertugas melekat dengan Irjen Ferdy Sambo.

"Menurut Bharada E, tiga di antaranya adalah sopir," kata Edwin.  Dari pemeriksaan di LPSK itu pula Bharada E menyebut ajudan Ferdy Sambo ada dua, yakni Brigadir J dan Brigadir Daden. Nama terakhir, Brigadir Daden, bergabung bersama Brigadir J, Bharada E, Irjen Ferdi Sambo & Putri Candrawathi, serta Ricky yang sudah lebih dahulu menyita perhatian dalam sebulan ini.

"J dan Daden itu ADC yang cukup lama bersama Pak Sambo. Sudah melekat ke Pak Sambo dua tahun," ujar Edwin.

Dari informasi Komnas HAM, Brigadir Daden yang menemani Irjen Ferdy Sambo naik pesawat sehari sebelum rombongan istri eks Kadiv Propam Polri pulang ke Jakarta melalui jalan darat. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال