7 Tips Sosial Media Tidak Mudah Dihack yang Perlu Diketahui

7 Tips Sosial Media Tidak Mudah Dihack yang Perlu Diketahui
Tips sosial media agar tidak mudah dihack wajib diketahui mereka yang aktif berinternet. Foto: ist

arsipsumut.com

Sosial media kini telah jadi bagian penting dalam memenuhi kebutuhan informasi. Tak heran bila sosmed kini sudah dimiliki oleh setiap orang di dunia. Namun, dibalik segudang manfaatnya sosial media juga memiliki dampak negatif yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah peretasan yang dilakukan oleh pihak yang tak bertanggungjawab. 

Sehingga, saat ini para pengguna sosial media perlu waspada. Bila akun sosmed telah jatuh ke tangan peretas atau penjahat siber , maka akun tersebut bisa disalahgunakan yang akan merugikan pengguna. 

Nah, berikut 7 tips agar sosial media tidak mudah dihack

1. Sering Berganti Password Ganti password secara berkala untuk menghindari kebocoran informasi. Hal ini juga akan menjadi bentuk perlindungan dalam menggunakan sosial media. Mengganti password ini bisa dilakukan setahun sekali atau ketika pengguna lupa logout menggunakan perangkat seseorang. Segeralah ganti passwordnya. 

2. Buat Password yang Sulit Membuat password yang sulit ditebak akan menjadi sarana perlindungan selanjutnya. Gunakanlah kombinasi angka atau huruf kapital yang tak beraturan. Jika susah menghafalnya maka catatlah password tersebut dan jangan disebarluaskan. Jangan sekali kali menggunakan password yang mudah seperti angka yang berurutan. 

3. Hindari Akses Medsos di Perangkat Orang Lain Dalam log in ke sosial media lebih baik gunakan perangkat sendiri. Jika terpaksa menggunakan perangkat orang lain, maka lakukan tindak pencegahan seperti logout setelah selesai dan jangan sampai jejak akun tersimpan. 

4. Hindari Masuk ke Sosial Media Melalui Tautan Luar Pastikan alamat sosial media yang hendak dimasuki benar atau resmi dan bukan merupakan tautan luar. Karena kini sudah banyak alamat website palsu bertebaran. Ingat, semua medsos yang ada sekarang ini pasti menggunakan https karena merupakan jalur akses yang aman dari phising. Sekali lagi, pastikan Anda mengetik alamat medsos dengan benar. 

5. Lakukan Verifikasi Dua Langkah Verifikasi dua langkah ini adalah cara masuk ke dalam akun sosial media dengan memasukkan password dan melakukan verifikasi lain seperti kiriman melalui email atau SMS. Saat ini telah banyak website yang menggunakan sistem verifikasi tambahan ini. 

6. Hindari Klik Link Sembarangan Karena berisiko phising, yang merupakan koneksi yang dapat tersambung ke sumber lain. Ini biasanya merupakan alat pelacak yang dapat mengetahui history browsing. Meskipun tidak semua phising link ini berbahaya, namun pengguna sosmed tetap harus waspada dan tidak perlu melakukan hal yang tidak penting tersebut. 

7. Selalu Log Out Biasakan untuk log out setelah menggunakan sosial media di PC atau laptop, terlebih jika milik orang lain. Karena bila teledor maka bisa saja akan dihack oleh orang yang tak bertanggungjawab.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال