Terkini Bisnis: PUPR dan Korsel Kerja Sama Proyek IKN, Isi Agenda Jokowi dan Xi Jinping

Terkini Bisnis: PUPR dan Korsel Kerja Sama Proyek IKN, Isi Agenda Jokowi dan Xi Jinping
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau persiapan jalur mudik di jalan nasional di Pulau Jawa. Foto: Istimewa

arsipsumut.com

Berita terkini ekonomi dan bisnis hingga Selasa sore, 26 Juli 2022, dimulai dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terbang ke Korea Selatan untuk menggelar pertemuan dengan Menteri Lingkungan Hidup Korsel Han Wha-Jin dan cerita awal mula perebutan merek Citayam Fashion Week.

Berikutnya ada berita tentang Presiden Jokowi dan Presiden Cina Xi Jinping akan bertemu pada hari ini. Lalu ada berita tentang Sandiaga yang menyebutkan Pulau Rinca sebagai alternatif untuk melihat komodo dengan harga tiket lebih murah dan respons OJK soal aturan hak kekayaan intelektual bisa menjadi agunan kredit di bank. 

Kelima berita itu terpantau paling banyak diakses oleh para pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima berita trending tersebut.

1. Terbang ke Korsel, Menteri PUPR Bahas Kerja Sama Pembangunan Infrastruktur IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bertolak ke Korea Selatan untuk menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan Han Wha-Jin guna membahas kerja sama di bidang infrastruktur.

Dengan kunjungannya ke Negeri Ginseng itu, Basuki berharap Korea Selatan dapat memberikan dukungannya terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Dukungan Anda untuk pembangunan ibu kota baru Indonesia akan sangat berarti dalam kerja sama kita. Terima kasih sekali lagi atas dukungannya untuk kesuksesan kerja sama pembangunan infrastruktur khususnya di Ibu Kota Baru," kata Basuki dalam keterangan resminya, Selasa 26 Juli 2022. 

2. Awal Mula Rebutan Merek Citayam Fashion Week hingga Teguran Ridwan Kamil dan Sandiaga

Dua pihak memperebutkan merek Citayam Fashion Week setelah kegiatan peragaan busana jalanan itu viral. Keduanya adalah PT Tiger Wong Entertainment milik Muhammad Ibrahim alias Baim Wong dan Indigo Aditya. 

Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM mengkonfirmasi bahwa kedua pihak sudah mendaftarkan merek Citayam Fashion Week untuk memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HaKI). 

“Benar bahwa DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual) telah menerima dua permohonan pendaftaran merek Citayam Fashion Week. Keduanya mendaftar di kelas 41 dan saat ini statusnya sedang untuk dipublikasi,” ujar Koordinator Pemeriksa Merek, Agung Indriyanto melalui keterangan tertulis pada Minggu, 24 Juli 2022.

3. Jokowi dan Xi Jinping Bertemu pada Hari Ini, Apa Saja yang Akan Dibicarakan?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana Jokowi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping dan Perdana Menteri Cina pada hari ini, Selasa, 26 Juli 2022. Dikutip melalui China Central Television (CCTV), kunjungan itu akan membahas penguatan kerja sama ekonomi kedua negara, khususnya bidang perdagangan dan investasi.

Adapun Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin menyebutkan bahwa Presiden Xi Jinping akan mengadakan pembicaraan dengan Jokowi dan Perdana Menteri Li Keqiang.

"Mereka akan melakukan pertukaran pandangan mendalam yang berfokus pada hubungan bilateral dan isu-isu utama regional dan internasional," kata Wang lewat laporan media CCTV, Jumat, 22 Juli 2022.

4. Hak Kekayaan Intelektual Bisa jadi Jaminan Kredit, OJK: Tergantung Risk Appetite Bank dan ..

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae angkat bicara soal hak kelayakan intelektual atau HKI seperti film dan lagu yang ditetapkan bisa menjadi jaminan kredit bank. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif yang diteken Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 12 Juli 2022.

Di dalam aturan yang berlaku satu tahun sejak tanggal diundangkan itu dipaparkan bahwa para pelaku ekonomi kreatif nantinya akan mendapatkan sumber pembiayaan dari lembaga keuangan bank maupun nonbank.

Lebih jauh Dian menyatakan OJK masih mengkaji prospek dan kelayakan HKI menjadi jaminan kredit bank seperti diatur dalam beleid yang merupakan turunan dari Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tersebut. Kajian itu meliputi valuasi, ketersediaan secondary market, appraisal untuk likuidasi HKI, dan infrastruktur hukum eksekusi HKI.

5. Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta, Sandiaga: Di Rinca Komodonya Sama, Mukanya Sama

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan masyarakat memiliki alternatif untuk melihat komodo di Pulau Rinca dengan harga tiket yang lebih murah. Pernyataan itu menanggapi pelbagai kritik yang muncul ihwal kenaikan harga tiket masuk Pulau Komodo dan Pulau Padar hingga Rp 3,75 juta per wisatawan. 

"Mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, bahwa di Pulau Rinca komodonya sama, mukanya sama, badannya sama, dan besarnya juga sama," kata Sandiaga dalam keterangannya seperti dikutip pada Selasa, 26 Juli 2022. 

Rencana kenaikan harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK) sebesar Rp 3,75 juta berlaku di pulau yang ditetapkan sebagai wilayah konservasi, yakni Pulau Komodo dan Pulau Padar. Sementara itu tarif masuk ke Pulau Rinca berlaku harga lama, yakni Rp 50 ribu untuk turis lokal--belum termasuk pemandu. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال