Sempat Dibeli Manchester United, 5 Pemain Ini Kembali ke Klub Lamanya

Paul Pogba
Paul Pogba resmi kembali ke Juventus. (juventus.com)

Paul Pogba kini sudah resmi kembali ke Juventus. Gelandang Prancis itu telah sepakat untuk bergabung dengan Juve setelah kontraknya bersama Manchester United habis. Bagi Pogba, Juventus sama sekali bukan klub yang asing karena ia sudah pernah berseragam Bianconeri pada 2012–2016.

Pogba sendiri bukan pemain pertama yang pernah dibeli Manchester United, tetapi kemudian kembali ke klub lamanya. Termasuk Pogba, inilah lima pemain lain yang pernah mengalami hal tersebut.

1. Shinji Kagawa

Shinji Kagawa
Shinji Kagawa (manutd.com)

Pada musim 2014/2015, Manchester United melepas dua pemain kembali ke klub lamanya. Shinji Kagawa adalah salah satunya. Gelandang asal Jepang ini dibeli kembali oleh Borussia Dortmund dengan harga 8 juta euro atau Rp125 miliar.

Dortmund adalah klub tempat Kagawa bermain sebelum membela Manchester United. Ia dibeli United pada awal 2012/2013 dengan mahar 16 juta euro atau sekitar Rp250 miliar. Selama berseragam United, Kagawa bermain sebanyak 57 kali di semua ajang dengan torehan 6 gol dan 10 assists.

2. Wilfied Zaha

Wilfied Zaha
Wilfried Zaha (skysports.com)

Wilfried Zaha juga dilepas Manchester United pada musim 2014/2015, tepatnya pada bursa transfer musim dingin. Zaha dikembalikan ke Crystal Palace, klub yang ia bela sebelum bergabung dengan Setan Merah. Zaha sendiri adalah pemain terakhir yang dibeli United sebelum Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013.

Sayangnya, Zaha sangat jarang dimainkan oleh pelatih baru United saat itu, David Moyes. Winger asal Pantai Gading ini hanya tampil empat kali saja di semua ajang dan lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Karena tak juga dapat kesempatan, Zaha pun kembali ke Crystal Palace dan masih bertahan hingga kini.

3. Wayne Rooney

Wayne Rooney
Wayne Rooney (instagram.com/waynerooney)

Wayne Rooney juga sempat kembali ke klub lamanya selepas membela Manchester United, yaitu Everton. Rooney dibeli United dari Everton pada tahun 2004 saat baru berusia 18 tahun. Setelah bergabung dengan Setan Merah, ternyata Rooney sukses menjelma menjadi legenda.

Rooney bertahan membela Manchester United hingga 2017. Ia mencatat total 559 penampilan dengan torehan 253 gol. Jumlah itu membuat Rooney menjadi top skor sepanjang masa Manchester United. Selain itu, Rooney juga sukses mengangkat 16 trofi, termasuk 5 Premier League dan 1 Liga Champions.

Setelah meraih segalanya bersama United, Rooney meninggalkan Old Trafford pada 2017 dan kembali ke Everton. Ia membela Everton pada 2017/2018 dan masih tetap tajam dengan torehan 11 gol. Secara keseluruhan, statistik Rooney bersama Everton adalah 117 penampilan dengan catatan 28 gol.

4. Daley Blind

Daley Blind
Daley Blind (instagram.com/blinddaley)

Berikutnya, ada Daley Blind, pemain versatile asal Belanda yang bisa menjadi bek maupun gelandang. Blind diboyong United dari Ajax Amsterdam pada 2014 oleh pelatih Louis van Gaal.

Blind kemudian sukses jadi andalan United, bahkan setelah Van Gaal dipecat dan digantikan Jose Mourinho. Namun, kesempatan bermain Blind mulai menurun pada 2017/2018. Ditambah lagi ia sempat lama cedera pada musim tersebut.

Maka, Blind pun memilih kembali ke Ajax pada akhir musim. Selama membela United, Blind mencatat total 141 penampilan dan turut meraih empat trofi.

5. Paul Pogba

Paul Pogba
Paul Pogba (instagram.com/paulpogba)

Paul Pogba menjadi pemain terbaru yang kembali ke klub lamanya setelah membela Manchester United. Uniknya, Pogba pun membela United setelah sempat pergi.

Ia adalah lulusan akademi United pada 2011, tetapi memilih hijrah ke Juventus pada 2012 karena jarang mendapat kesempatan bermain. Saat itu, Pogba merapat ke Juventus dengan status bebas transfer.

Bersama Juve, Pogba meraih sukses luar biasa selama 4 tahun. Ia lalu kembali ke United pada 2016 sembari memecahkan rekor transfer termahal dunia kala itu. Kini, 6 tahun berlalu, Pogba akhirnya kembali lagi ke Juventus.

Bak deja vu, kepindahan Pogba ke Juve pada musim panas 2022 pun berstatus bebas transfer. Artinya, United kini sudah dua kali kehilangan gelandang top Prancis itu secara gratis.

Pogba sendiri kini mendapat kontrak hingga 2026. Dengan kualitas dan pengalamannya, Pogba bisa jadi aset berharga bagi Juventus.

Bagi pemain sepak bola, kembali ke klub lamanya terkadang adalah pilihan yang tepat. Sang pemain tentu sudah kenal betul dengan atmosfer mantan klubnya, sehingga bisa lebih cepat beradaptasi dan meraih sukses. Bisa jadi, Paul Pogba pun bakal mengulang kesuksesan yang pernah ia raih bersama Juve dulu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال