Roy Suryo Datangi Mapolda Metro Jaya, Diperiksa sebagai Terlapor Kasus Meme Patung Sang Buddha Mirip Jokowi

Roy Suryo Datangi Mapolda Metro Jaya, Diperiksa sebagai Terlapor Kasus Meme Patung Sang Buddha Mirip Jokowi
Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo datang ke Polda Metro Jaya Kombes untuk diperiksa sebagai terlpor kasus meme patung Sang Buddha yang diedit mirip wajah Presiden RI Joko Widodo, Kamis (14/7/2022) di Mapolda Metro Jaya.

arsipsumut.com

Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo kembali mendatangi Mapolda Metro Jaya, Kamis (14/7/2022). Dia datang untuk diperiksa sebagai terlapor dugaan kasus penistaan agama terkait unggahan meme Patung Sang Buddha yang diedit mirip wajah Presiden RI Joko Widodo. 

Roy Suryo yang mengenakan batik berwana merah muda tiba di Mapolda Metro Jaya bersama tim kuasa hukumnya pada Kamis siang.

Tak ada pernyataan apa pun yang disampaikan oleh Roy Suryo saat ditemui awak media. Dia hanya terdiam sambil berjalan cepat ke dalam Gedung Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. 

Salah seorang penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengatakan bahwa Roy Suryo akan menjalani pemeriksaan sebagai terlapor. "RS sudah di (Gedung Subdit) Siber. Pemeriksaan sebagai saksi di laporan yang sebagai terlapor," kata penyidik, Kamis.

Sebagai informasi, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, kasus unggahan meme patung di Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Jokowi telah naik ke tahap penyidikan. 

Adapun unggahan itu sempat viral dan diunggah ulang oleh Roy Suryo dalam akun Twitter @KRMTRoySUryo2. "Statusnya dari proses penyelidikannya sudah dilakukan ditingkatkan penyidikan," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Dedi menyebutkan, perkara tersebut akan ditangani Polda Metro Jaya. Sebab, laporan yang diterima pihak Bareskrim terkait unggahan yang dibuat Roy Suryo itu telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya. 

Dalam kasus ini, Bareskrim telah memeriksa sejumlah ahli. "Tadi malam berkas perkara yang dilaksanakan oleh Bareskrim sudah dilimpahkan ke Polda Metro. Jadi Polda Metro yang akan menangani terkait menyangkut masalah laporan perkara RS (Roy Suryo)," ucap Dedi.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, ada dua laporan terkait dugaan kasus penistaan agama melibatkan nama Roy Suryo yang ditangani Polda Metro Jaya. 

"Ini berdasarkan laporan pada 20 Juni 2022, di mana pelapor atas nama Kurniawan Santoso dan terlapor atas nama Roy Suryo," ungkap Zulpan. "Kemudian, laporan yang dilaporkan di Bareskrim oleh saudara Kevin Wu pada 20 juni 2022 terhitung hari ini telah dilimpahkan Polda Metro Jaya," sambung dia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال