Puluhan Warga Gelar Aksi Seribu Lilin Keadilan di Bundaran HI untuk Brigadir J

Puluhan Warga Gelar Aksi Seribu Lilin Keadilan di Bundaran HI untuk Brigadir J
“1.000 Lilin Keadilan”

arsipsumut.com

Tim Advokat Penegakan Hukum & Keadilan (TAMPAK) beserta warga menggelar aksi solidaritas bagi Brigadir J atau Brigadir Yoshua Hutabarat di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Aksi tersebut bertajuk '1.000 Lilin Keadilan bagi Brigadir Yosua Hutabarat'.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (22/7/2022) pukul 19.10 WIB, peserta aksi mulai berdatangan di kawasan Bundaran HI. Mereka terlihat membawa lilin dan spanduk.

Para peserta kemudian hendak menyebar mengelilingi bundaran air mancur di Bundaran HI sembari menyanyikan lagu Indonesia Raya. Nampak petugas berusaha mencegah massa aksi untuk berkeliling.

Mereka kemudian sepakat untuk menyalakan lilin di satu titik. Terlihat mereka menyalakan lilin-lilin itu sebagai simbol solidaritas terhadap Brigadir J.

"Terima kasih Satpol PP yang sudah mengingatkan prokes kepada kita, kami mohon izin menggunakan tempat ini hingga pukul 20.00 WIB sesuai dengan ketentuan, teman-teman dimohon untuk tidak terprovokasi," kata salah satu anggota TAMPAK, Saor Siagian di lokasi.

Beberapa orang lainnya juga tampak membawa spanduk dan poster berisi tuntutan mereka yang bertuliskan 'Kasus tewasnya Brigadir Josua Hutabarat. Momentum reformasi moral dan mental Polri. Save Polri presisi'.

Sementara lalu lintas di kawasan Bundaran HI nampak ramai lancar. Sejumlah petugas terlihat berjaga di lokasi.

Sebelumnya, peristiwa polisi tembak polisi yang menewaskan Brigadir J terjadi di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (8/7). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah membentuk tim khusus untuk mengusut kasus ini.

"Oleh karena itu, saya telah membentuk tim khusus yang dipimpin oleh Pak Wakapolri, Pak Irwasum, kemudian ada Pak Kabareskrim, Pak Kabik (Kabaintelkam) kemudian juga ada As SDM, karena memang beberapa unsur tersebut harus kita libatkan termasuk juga fungsi dari Provos dan Paminal," kata Jenderal Sigit di Mabes Polri, Selasa (12/7).

Sebagai informasi, Tim Khusus (Timsus) Polri kasus kematian Brigadir J telah memeriksa keluarga dan saksi-saksi di Polda Jambi. Dari hasil gelar perkara, laporan keluarga Brigadir J terkait kasus dugaan pembunuhan berencana naik ke penyidikan.

“Melalui proses gelar perkara yang dilakukan sore hari ini oleh Dirtipidum, jadi status laporan dari pihak pengacara keluarga Brigadir J dari penyelidikan sekarang statusnya sudah naik ke penyidikan,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri hari ini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال